Masuk Musim Haji, Kain Kiswah Ka'bah Diangkat 3 Meter

Suasana Masjidil Haram usai Salat Jumat, 19 Juli 2019.
Sumber :
  • Bahauddin/MCH2019

VIVA – Kain penutup Ka'bah atau biasa disebut kiswah, diangkat setinggi tiga meter, Jumat, 15 Dzulqodah atau 19 Juli 2019. Pengangkatan kiswah Ka'bah menandakan dimulainya musim haji tahun 1440 Hijriah.

Jemaah dari berbagai negara dilaporkan mulai berkumpul di Masjidil Haram.

Reasahalharamain atau pengelola dua masjid di Tanah Suci melalui akun Instagram resminya menyatakan kain penutup Ka'bah ini diangkat selepas Salat Isya, Kamis malam.

"Kain penutup Ka'bah diangkat setinggi tiga meter, dalam rangka menyambut musim haji," kata pengelola Masjidil Haram dalam keterangan resminya.

Berdasarkan maklumat pengelola Masjidil Haram, diangkatnya kiswah Ka'bah untuk memelihara dan menjaga kebersihan kiswah. Lalu, menghindari dari aksi merusak atau memotong kain kiswah.

Kemudian, mencegah sebagian jemaah haji untuk mengkultuskan dan mengharap berkah dari kiswah.

Kain kiswah itu diangkat setinggi tiga meter dari area tawaf. Sementara, bagian yang terbuka ditutupi kain putih di setiap sisinya. Kiswah ini akan kembali menutupi seluruh bagian Ka'bah setelah musim haji selesai.

Konsultan Ibadah PPIH Daker Mekah, Mohammad Ulinnuha mengatakan pengangkatan kiswah Ka'bah memang setiap tahun dilakukan menjelang musim haji. Di samping menjaga kebersihan kiswah, pengangkatan itu juga demi keamanan.

"Kain itu kan mahal, kalau ditarik-tarik rusak. Ada juga yang gunting-gunting kiswah itu kan," kata Ulinnuha usai visitasi bimbingan ibadah jemaah haji asal Madura, Jumat, 19 Juli 2019. (ase)