Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 19 Juli 2019 | 22:55 WIB

Jemaah Haji Gelombang Kedua Akan Diberangkatkan Sabtu Besok

Team VIVA »
Syahrul Ansyari
Yandi Deslatama (Serang)
Foto :
  • VIVA/Nur Faishal
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

VIVA - Jemaah haji gelombang kedua asal Indonesia mulai diberangkatkan Sabtu, 20 Juli 2019. Menurut Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, semua persiapan berjalan sesuai dengan rencana dan harapan.

"Dan mulai tanggal 20 Juli nanti, gelombang kedua akan mulai diberangkatkan," kata Lukman saat ditemui di Mukernas PPP ke-4, di Hotel Le Dian, Kota Serang, Banten, Jumat, 19 Juli 2019.

Baca Juga

Gelombang haji pertama yang sudah berada di Arab Saudi diberangkatkan dari 13 embarkasi yang ada di Indonesia akan bertolak langsung ke Madinah. Sedangkan gelombang dua jemaah haji asal Indonesia akan berada di Jeddah terlebih dahulu, baru menuju Mekah.

Lukman menuturkan pelaksanaan ibadah haji tahun 2019 semakin baik dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan tidak ditemukan persoalan dalam penyelenggaraannya.

Terpopuler

Meski begitu, politikus Partai Persatuan Pembangunan itu mengaku masih menemui kendala teknis yang tidak begitu berarti, selama penyelenggaraan ibadah haji di tahun 2019 ini.

"Misalkan jadwal penerbangan yang tidak ontime, keterlambatan dalam hitungan jam dan seterusnya. Jadi lebih pada kendala yang sifatnya teknis, sesuatu yang tidak terhindarkan di lapangan," ujarnya.

Data terbaru per Kamis, 18 Juli 2019, jemaah haji yang sudah berangkat ke Arab Saudi sebanyak 78.952 orang. Sedangkan yang sudah tiba mencapai 77.043 orang.

Kuota haji untuk Indonesia tahun 2019 ini sebanyak 231 ribu orang. Jumlah tersebut dibagi dua kelompok, untuk jemaah haji reguler sebanyak 214 ribu orang. Sedangkan 17 ribu untuk jemaah haji khusus. (ase)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Pulang, Koper Jemaah Haji Indonesia Dibongkar
KABAR HAJI - 1 hari lalu