Jemaah Haji Gelombang II Tiba di Mekah

Jemaah haji gelombang kedua Kloter 13 UPG mendarat di Bandara Jeddah
Sumber :
  • MCH 2019/Darmawan

VIVA – Rombongan jemaah haji Kloter 18 dari Embarkasi Makassar atau UPG18 mendarat dengan selamat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Sabtu 20 Juli 2019, sekira pukul 03.12 waktu Arab Saudi.

Kedatangan 455 jemaah haji Embarkasi Makassar ini disambut Wakil Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Dicky Yunus dan sejumlah pejabat lain. Antara lain, Konjen RI Jeddah, Hery Saripuddin dan Konsul Haji dan Umrah KJRI Jeddah, Endang Jumali.

Ini merupakan kedatangan fase pertama gelombang kedua jemaah haji Indonesia yang langsung mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Jemaah haji tiba di Jeddah, sudah mengenakan pakaian ihram. Mereka juga telah berniat ihram, saat melintas di atas wilayah Ya Lam Lam. 

"Selamat kepada bapak ibu mendapatkan kesempatan menunaikan rukun islam ke-5. Ini patut disyukuri, karena tidak semua mendapat kesempatan ibadah haji," kata Wakil Dubes RI, Dicky Yunus di Bandara Jeddah, Sabtu dini hari.

Yunus berpesan kepada jemaah haji untuk menjaga kondisi fisik selama di Tanah Suci. Menurutnya, cuaca di Arab Saudi sangat panas, berbeda dengan Tanah Air. Sehingga, jangan lupa perbanyak minum air dan makan sesuai jadwal yang ditentukan. 

"Sehingga, saat wukuf dalam keadaan sehat dan semua rukun haji terlampaui," katanya.

 Di samping itu, jemaah diminta fokus pada ibadah wajib. Sebab, wukuf masih ada beberapa hari ke depan. 

Nah, selama puncak haji nanti, jemaah lanjut Yunus, agar menjaga hati. Sebab, saat puncak haji akan terdapat jutaan orang melakukan ritual yang sama. Jika terjadi senggolan, atau terinjak direlakan saja agar menjadi penambah kemabruran hajinya.

Kemudian, penting menjaga nilai-nilai persatuan. Sejak dulu jemaah Indonesia dikenal tertib, teratur, damai, dan gotong royong. Nilai dan kebiasaan itu, agar ditularkan kepada jemaah lainnya. "Semoga menjadi haji mabrur," ujarnya.

Setelah turun pesawat, jemaah langsung menuju paviliun sebentar untuk kemudian diberangkatkan ke Mekah, dengan bus untuk menuju hotel dan langsung melaksanakan umrah wajib. (asp)