Visitasi Layanan Haji di Madinah, Dirjen: Persiapan Lebih Matang

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nizar Ali
Sumber :
  • MCH 2019

VIVA – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nizar Ali melakukan visitasi pelayanan jemaah haji di Madinah, Sabtu, 20 Juli 2019. Nizar Ali yang didampingi sejumlah pejabat, termasuk Kepala Daker Madinah, Akhmad Jauhari, mengakui masih menemukan sejumlah kendala di lapangan.

Namun, permasalahan yang ditemukan tidak terlalu berarti. Bahkan, kata dia, persoalan yang ditemukan pada dasarnya ingin memberikan kepuasan pelayanan terbaik kepada jemaah haji.

"Misal saja, protap pelayanan jemaah untuk pengantaran bagasi hanya sampai lobi. Tapi dalam praktiknya malah diantar sampai kamar hotel," kata Nizar saat melakukan visitasi di lima sektor di Madinah.

Sementara itu, dari sisi bimbingan ibadah (Bimbad) menurut Nizar, sudah efektif. Pelayanan bimbingan ibadah dilakukan dua kali dalam sehari. Penting untuk memberikan sosialisasi tentang operasional haji. Harapannya saat puncak haji nanti tak ada kendala yang dihadapi jemaah.

"Khusus untuk jemaah resiko tinggi (risti) dan lansia tiap tahun ada kerja sama dengan tenaga kesehatan yang diharapkan dapat terus mengawal. Untuk pelayanan tidak ada persoalan karena semua sudah diperhitungkan," ujarnya.

Nizar memastikan untuk musim haji 1440H ini persiapan sudah jauh lebih matang. Tiap tahun diharapkan ada perkembangan peningkatan pelayanan. Sehingga visitasi ini dimaksudkan untuk memastikan pelayanan yang sudah dipersiapkan tersebut benar-benar diaplikasikan. 

"Adanya masukan tentu sangat berarti untuk menyempurnakan pelayanan. Paling tidak sebagai bahan evaluasi pada gelombang II jemaah haji yang akan ke Madinah setelah dari Mekah," ungkapnya.