Jemaah Haji Indonesia di Mata Imam Masjidil Haram

Imam Masjidil Haram Syekh Hassan Abdul Hamid Al Bukhori
Sumber :
  • VIVA/Dedy Priatmojo

VIVA – Jemaah haji Indonesia memang dikenal sebagai jemaah haji yang paling tertib dan paling ramah dibanding jemaah haji lain. Pengakuan itu tak hanya datang dari Arab Saudi, tuan rumah penyelenggara ibadah haji, tapi juga dari perangkat Masjidil Haram. 

Imam Masjidil Haram, Syeikh Hassan bin Abdul Hamid Al Bukhori memuji jemaah haji Indonesia. Selama ditemui di Mekah dan Madinah, kepribadiannya sangat menyenangkan.

"Orangnya lembut-lembut dan tawadhu (rendah hati)," kata Syeikh Hassan Bukhori kepada Tim MCH di Universitas Ummul Qurro, Mekah, Minggu, 21 Juli 2019.

Ia juga melihat jemaah Indonesia suka membantu sesama dan saling tolong menolong. Selalu tertib di setiap keadaan dan disiplin. "Walaupun Indonesia itu jemaah hajinya paling banyak di dunia, tidak menjadikan itu penghalang untuk mereka tidak disiplin. Jumlah mereka besar tapi tertib," ujarnya. 

Ia berharap budaya baik yang dibawa jemaah haji Indonesia ini dapat dipertahankan, bila perlu ditingkatkan agar lebih baik. 

Dalam kesempatan itu, Dekan Bahasa Arab di Universitas Ummul Qurro ini mendoakan seluruh jemaah haji, wabilkhusus jemaah haji Indonesia agar diberi kemudahan dalam menunaikan ibadah haji dan menjadi dimudahkan setiap urusannya. 

"Ya Allah jadikan haji mereka diterima dan mabrur. Dan jadikanlah mereka hamba-hamba-Mu yang bersyukur. Jadikanlah usahanya disyukuri, dan diberikan kesehatan wal afiat dan segala hajatnya dipenuhi. Semoga hajinya ikhlas karena Allah ta’alla," harapnya.