Hasil Jual Lembu, Kakek Usia 100 Tahun Pergi Haji

Kakek berusia 100 tahun bernama ?Muhammad Mudakir naik haji
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putra Nasution

VIVA – Demi untuk menunaikan ibadah haji, Muhammad Mudakir menabung uang dari hasil penjualan lembu dengan waktu bertahun-tahun. Kakek berusia 100 tahun itu berangkat melaksanakan rukun Islam kelima bersama istrinya, Rusinah (75).

Dengan kondisi masih bugar, warga asal Dolok Hilir, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, merupakan calon jemaah haji tertua Kelompok Terbang (Kloter) 11 embarkasih Medan. Mudakir berasama calon jamaah haji dari Medan, Simalungun, Pematang Siantar dan Kodam 1/BB, yang baru tiba di Asrma Haji Medan, Senin 22 Juli 2019.

Mudakir mengatakan, usahanya yaitu ternak lembu dengan jumlah tidak banyak itu. Tetapi, dengan kegigihan dan niat, menunggu sekitar lima tahun, akhirnya bisa menunaikan ibadah haji bersama istrinya.

"Sejak tahun 1980-an. Kita ternak lembu, dengan sedikit-sedikit dikumpul untuk ditabung modal berangkat pergi haji bersama istri," jelas Mudakir.

Terlihat, Mudakir tak ada mengeluh sakit apapun, meski harus berjalan kaki dan senang. Bagi dia, masih mampu berangkat haji adalah prioritas. Selain berternak lembu, ia juga bekerja di perkebunan sawit.

"Enggak sanggup saya menceritakannya, beratlah perjuangan kami untuk bisa naik haji. Sedikit demi sedikit kami kumpulkan uang hingga bisa naik haji," ungkap Rusinah, istri Mudakir.

Mudakir dan Rusinah berharap, tiba di Tanah Suci Mekah dalam keadaan sehat walafiat, serta selamat hingga tiba kembali ke Tanah Air.

"Doakan saja kita jadi haji mabrur ya," tutur Rusinah.

Kloter 11 embarkasih Medan berjumlah 393 orang. Mereka akan berangkat ke Tanah Suci Arab Saudi melalui Bandara Kualanamu Internasional Airport di Kabupaten Deli Serdang, Selasa besok, 23 Juli 2019. Mereka akan dilepas oleh masing-masing kepala daerah. (asp)