Alasan Jemaah Haji Tunaikan Umrah Berkali-kali

Jemaah haji Indonesia mengambil miqot di Masjid Aisyah, Taniem, Mekah
Sumber :
  • VIVA/Dedy Priatmojo

VIVA – Jemaah haji Indonesia memanfaatkan waktu selama berada di Mekah, untuk memperbanyak ibadah dan melaksanakan umrah. Tak sedikit, jemaah yang menunaikan umrah berkali-kali. 

Beragam alasan jemaah haji melaksanakan umrah berkali-kali. Di samping karena sudah diprogram oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) masing-masing, jemaah juga alasan personal untuk umrah berkali-kali.

Seperti Imam Syafii Abdullah, jemaah haji asal Sampang Madura, yang mengaku sudah dua kali ini berumrah. Ia sengaja menunaikan umrah kedua, untuk badal orangtuanya.

"Umrah ini diniatkan untuk almarhum bapak saya yang tahun 2010 niat mau haji, sudah daftar meninggal tahun 2014, diganti tapi enggak bisa, tahun 2016 ditarik uangnya. Jadi, umrah sekarang untuk dibadalin haji nanti," kata Imam Syafii, saat ditemui Tim MCH di Masjid Aisyah, Taniem, Mekah, Senin malam, 22 Juli 2019.

Lain halnya dengan Abdurrahim (60), jemaah Kloter 4 JKG, Ia mengaku sudah tiga kali umrah. Selain karena memang sudah diprogram KBIH-nya, ia juga menganggap ini merupakan kesempatan yang jarang terjadi.

"Ya, namanya juga jarang ke sini," ujarnya di tempat yang sama.

Sementara itu, jemaah asal Kloter 4 Embarkasi JKG, Eman Abdurrahman juga mengaku sudah tiga kali umrah. Ia hanya mengikuti program KBIH, yang menjanjikan umrah tiga kali di Tanah Suci. "Katanya tiga kali sih. justru karena sekarang masih sepi," kata Eman.

Setelah mengambil miqot di Masjid Aisyah Tan'iem, Ia bersama rombongan beristirahat sejenak di hotel, lalu berangkat ke Masjidil Haram dengan Bus Shalawat. (asp)