Sore Ini, Rombongan Amirul Hajj Tiba di Arab Saudi

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.
Sumber :
  • MCH 2019/Darmawan

VIVA – Rombongan Amirul Hajj akan mendarat sore ini di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Selasa, 30 Juli 2019, sekira pukul 16.00 waktu Arab Saudi. Rombongan Amirul Hajj terdiri atas 14 orang, yakni Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan 13 orang anggota.

"Amirul Hajj nanti sore mendarat di Jeddah," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nizar Ali di Kantor Urusan Haji (KUH) Mekah, Selasa, 30 Juli 2019. 

Setibanya di Jeddah, rombongan Amirul Hajj akan langsung bertolak ke Madinah untuk melakukan peninjauan. "Agendanya kunjungan biasa. Rapat koordinasi gelombang kedua yang nanti menuju Madinah pasca Armina," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ditetapkan sebagaii Amirul Hajj dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji 1440H/2019M. Penetapan ini menyusul keputusan Presiden Joko Widodo dan menunjuk menteri Agama sebagai Amirul Hajj.

Penunjukan Amirul Hajj sesuai dengan Taklimatul Hajj yang dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi. Setiap negara harus menetapkan ketua Misi Haji yang bertanggung jawab pada setiap negara yang kemudian dikenal dengan Amirul Hajj.

Amirul Hajj akan didampingi anggota delegasi yang berjumlah 13 orang, terdiri atas dua orang naib (wakil), satu sekretaris, delapan anggota, dan dua tim sekretariat. Mereka merupakan perwakilan dari ormas-ormas Islam.

Rombongan delegasi rencananya akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada 30 Juli 2019. Dan akan kembali ke Tanah Air pada 18 Agustus 2019.