Tiba di Jeddah, Amirul Hajj Langsung Pantau Kedatangan Jemaah Haji

Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin tiba di Bandara Jeddah, Selasa 30 Juli 2019
Sumber :
  • Darmawan/MCH2019

VIVA – Rombongan Amirul Hajj yang berjumlah 14 orang tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Selasa sore, 30 Juli 2019, sekira pukul 16.15 waktu Arab Saudi.

Setibanya di Bandara Jeddah, Amirul Hajj, Lukman Hakim Saifuddin beserta rombongan langsung menyapa dan berdialog dengan jemaah haji Indonesia gelombang kedua Kloter 32 UPG yang juga baru tiba di Jeddah.

"Saya bersama (rombongan) Amirul Hajj, baru tiba di Bandara Jeddah. Saya manfaatkan untuk memantau proses penerimaan jemaah, didampingi Kadaker bandara," kata Lukman di Bandara Jeddah, Arab Saudi.

Pantauan Amirul Hajj, proses kedatangan jemaah haji Indonesia di Bandara Jeddah sangat lancar. Bahkan, Lukman sempat menghitung lamanya proses kedatangan jemaah dari turun pesawat hingga sampai bus menuju Mekah berkisar satu jam.

"Ini sangat cepat. Hasil proses keimigrasian, rekam biometrik, sidik jari sudah dilakukan di Tanah Air," ujar Amirul Hajj yang juga Menteri Agama RI ini.

Selain itu, Amirul Hajj juga bersyukur pada tahun ini, meski jemaah gelombang kedua sudah mengenakan pakaian ihram sejak embarkasi, namun nyaris tidak ada masalah. "Kelancaran juga lebih baik. Semoga bisa dipertahankan sampai tanggal 5 (Agustus) batas akhir jemaah tiba," ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ditetapkan sebagaii Amirul Hajj dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji 1440H/2019M. Penetapan ini menyusul keputusan Presiden Joko Widodo dan menunjuk Menteri Agama sebagai Amirul Hajj.

Penunjukkan Amirul Hajj sesuai dengan Taklimatul Hajj yang dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi. Setiap negara harus menetapkan Ketua Misi Haji yang bertanggung jawab pada setiap negara yang kemudian dikenal dengan Amirul Hajj. (asp)

Amirul Hajj akan didampingi anggota delegasi yang berjumlah 13 orang, terdiri dari dua orang naib (wakil), satu sekretaris, delapan anggota, dan dua tim sekretariat. Mereka merupakan perwakilan dari ormas-ormas Islam.

Rombongan delegasi rencananya akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada 30 Juli 2019. Dan akan kembali ke Tanah Air pada 18 Agustus 2019.