Amirul Hajj Pimpin Rapat Persiapan Puncak Haji 2019

Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin
Sumber :
  • Dedy Priatmojo/VIVAnews.

VIVA – Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin memimpin rapat koordinasi persiapan puncak haji tahun 1440 H/2019. Rapat digelar bersama delegasi Amirul Hajj dan seluruh kepala seksi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Mekah, bertempat di Kantor Urusan Haji (KUH) Mekah, Jumat, 2 Agustus 2019.

"Alhamdulillah kita bersyukur, kita selesaikan rapat koordinasi delegasi Amirul Hajj dengan seluruh pimpinan PPIH. Dalam rangka penyamaan persepsi persiapan puncak haji. Yaitu wukuf dan pasca wukuf," kata Lukman Hakim Saifuddin.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Dirjen Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, Nizar Ali sudah melaporkan apa yang sedang dilakukan dan nanti yang akan dilakukan. Termasuk dari Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan Satuan Operasi Arafah, Muzdalifah dan Mina.

"Alhamdulillah, sudah terus kita perbaiki dan siapkan segala sesuatunya. 1-2 hari ke depan akan kunjungi Armuzna kesiapan sampai di lapangan," ujarnya.

Salah satu yang menjadi perhatian untuk pelaksanaan di Armuzna, kata Amirul Hajj, bahwa pada tahun ini semua tenda jemaah haji Indonesia di Arafah dan Mina akan diberikan nomor. Sehingga jemaah haji ada kepastian menempati tenda berdasarkan nomornya. "Tahun ini pertama kalinya tenda dilengkapi AC," ungkapnya.

Sebelumnya, Muassasah Asia Tenggara (pengelola jemaah haji Asia Tenggara) menyetujui konsep penomoran tenda jemaah haji Indonesia di Arafah dan Mina pada puncak haji tahun 1440H/2019M mendatang. 

Penomoran tenda ini merujuk pada zonasi dan embarkasi jemaah. Jemaah sudah dibagi tenda berdasarkan kloter dan embarkasinya, sehingga jelas peruntukkannya.

Inisiasi penomoran ini dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi jemaah  mengenali tempat tinggalnya selama masa puncak haji (masyair). Di samping itu, ini juga diharapkan dapat memudahkan petugas untuk memberikan pelayanan selama masyair.