Menag Ajak Jemaah Haji Mendoakan Korban Gempa Banten

Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin mengunjungi kamar hotel jemaah haji
Sumber :
  • MCH2019

VIVA – Menteri Agama yang juga Amirul Hajj, Lukman Hakim Saifuddin mengimbau jemaah haji Indonesia yang di Tanah Suci, untuk mendoakan masyarakat di Banten dan Lampung serta sekitarnya, yang diguncang gempa 7,4 pada Skala Richter dan potensi tsunami pada Jumat malam, 2 Agustus 2019, pukul 19.03 WIB.  

"Mudah-mudahan mereka semua diberikan keselamatan oleh Allah SWT dan keluarga-keluarga yang karena gempa itu lalu kemudian menjadi korban, misalnya kalau pun ada, mudah-mudahan di berikan kesabaran," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Mekah, Arab Saudi, 2 Agustus 2019.

"Mohon didoakan tidak banyak korban dari peristiwa gempa yang saya dengar juga berpotensi menimbulkan tsunami. Jadi mudah-mudahan ini dapat segera cepat berlalu," imbuhnya.

Untuk jemaah haji yang kebetulan berasal dari daerah yang terdampak gempa dan potensi tsunami, Menag meminta para jemaah tetap tenang dan jangan panik. Yang penting, kata dia, jemaah memperbanyak doa semoga tidak banyak korban yang ditimbulkan dari gempa bumi yang berpotensi tsunami itu. 

"Mudah-mudahan ini segera bisa diatasi oleh saudara-saudara kita yang ada di Tanah Air," ujarnya.
 
Sebelumnya gempa bumi bermagnitudo 7,4 terjadi pada Jumat malam (2/8), pukul 19.03 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis gempa tersebut berkedalaman 10 km dan berlokasi 147 km barat daya Sumur, Banten. Gempa berpotensi tsunami di beberapa wilayah.

BMKG menginformasikan peringatan dini tsunami untuk wilayah Banten, Bengkulu, Jawa Barat dan Lampung. (ren)