Tenda di Arafah Terpasang AC, Diberi Nomor per Kloter 

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama, Sri Ilham Lubis
Sumber :
  • MCH2019

VIVA – Penomoran tenda di Arafah-Mina serta instalasi tenda dan fasilitasnya termasuk AC terus dikebut jelang puncak haji 1440H/2019. Berdasarkan peninjauan terakhir, penomoran dan instalasi AC sudah mendekati final.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama (Kemenag), Sri Ilham Lubis mengatakan sampai saat ini kesiapan tenda-tenda di Arafah-Mina sudah sekitar 70 persen.

“Ada banyak hal yang baru kita lakukan tahun ini sebagai inovasi termasuk pemasangan instalasi AC berkapasitas besar di Arafah dan penomoran tenda-tenda sesuai maktab,” kata Sri Ilham Lubis di Mekah, 5 Agustus 2019. 

Untuk pemasangan nomor pada tenda, petugas haji dikerahkan untuk memasang label nomor tenda yang disesuaikan dengan kloter dan kapasitas tenda.

Sedangkan di Arafah sejumlah tenda telah siap dengan AC yang sudah mulai menjalani uji untuk dinyalakan, beberapa di antaranya AC 12 ton berkapasitas 56 PK sedangkan AC 25 ton berkapasitas 118 PK.  Sementara instalasi air untuk toilet juga telah disiapkan. 

Foto: AC terpasang di tenda-tenda jemaah haji di Arafah

Sedangkan fasilitas dapur juga sudah mulai siap digunakan dan bahkan sudah digunakan untuk memasak makanan bagi para pekerja. Panitia juga menyediakan termos air besar yang akan diisi air Zamzam dengan batu es. 

Kepala Seksi Akomodasi Abduh Dhiyaur Rahman mengatakan pihaknya menargetkan seluruh penomoran tenda baik di Arafah maupun Mina rampung pada 7 Agustus 2019. Sebab pada 8 September 2019, jemaah mulai diberangkatkan ke Arafah.

“Penomoran untuk tenda di Mina semalam baru 2 nomor maktab. Pagi ini siap tempel 15 Maktab Arafah dan 6 Maktab Mina. Sore nanti dilanjutkan 20 Maktab Arafah dan Mina,” katanya.

Penomoran dan penyiapan tenda terus dilakukan tanpa memandang waktu, seperti halnya di Mina bahkan dimulai pada Minggu malam ) sekitar pukul 22.00 waktu setempat.