Seluruh Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba di Arab Saudi

Jemaah Haji Kloter Makassar Tiba di Jeddah
Sumber :
  • VIVA/Darmawan/MCH 2019

VIVA – Seluruh jemaah haji Indonesia telah tiba di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji. Total jumlah jemaah haji reguler mencapai 215.377 dari 529 kelompok terbang (kloter).

Total kedatangan jemaah haji mencapai 215.377 jemaah sudah termasuk petugas haji. Adapun rinciannya, jemaah yang terbang melalui maskapai Garuda Indonesia sebanyak 284 kloter dan Saudia 245 kloter.

Untuk pendaratan jemaah, sebanyak 233 kloter sejumlah 95.446 orang mendarat di Madinah. Sementara mendarat di Jeddah sebanyak 296 kloter dengan jumlah jemaah 119.931 orang.

Untuk kloter terakhir yang tiba di Arab Saudi adalah dari Embarkasi Jakarta-Bekasi JKS-97, pada pukul 12.25 Waktu Arab Saudi (WAS). 

"Dengan tibanya kloter 97 berarti seluruh jemaah haji Indonesia itu sudah sampai di Tanah Suci," kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat, Selasa, 6 Agustus 2019.

Arsyad bersyukur, kedatangan jemaah haji ke Arab Saudi berjalan lancar. Dengan demikian, semua petugas PPIH Bandara akan bergeser ke Mekah untuk mendukung pelaksanaan puncak haji tahun 2019.

"Kita membereskan beberapa logistik kemudian sarana prasarana yang kita miliki. Dan sore ini semua petugas dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah akan langsung bertolak menuju Mekah," ujarnya.

Saat ini seluruh jemaah haji sudah berada di Mekah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji. Untuk kloter terakhir akan melaksanakan thawaf wajib dan selanjutnya bersiap untuk melaksanakan Wukuf di Arafah, 9 Dzulhijah mendatang. [mus]