Malam Ini, Petugas Haji Mulai Diberangkatkan ke Arafah

Sektor khusus Petugas Haji Indonesia melakukan orientasi lapangan
Sumber :
  • MCH2019/ Bahauddin

VIVA – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja Mekah mulai memberangkatkan petugas haji ke Arafah pada Kamis menjelang tengah malam, 8 Agustus 2019. Para petugas ini akan lebih dulu berada di tenda-tenda Arafah untuk menyiapkan segala persiapan menyambut jemaah. 

"Kami akan berangkatkan sekitar 10 bus untuk menempati tenda-tenda di Arafah untuk nantinya pada pagi hari mereka akan menyambut jemaah yang akan tiba di Arafah itu kira-kira pukul 08.00 pagi kloter pertama akan tiba di Arafah," kata Kepala Daker Mekah, Subhan Cholid di kantornya, Rabu, 7 Agustus 2019.

Selanjutnya, para petugas haji ini akan segera mengatur pemberangkatan petugas lain yang akan bertugas di Muzdalifah pada Sabtu sore harinya. 

"Mereka akan berada di Arafah tidak terlalu lama, kemudian akan segera diberangkatkan ke Muzdalifah, terakhir yang akan kita berangkatkan adalah petugas dari Daker Madinah yang akan tinggal di Mina, lalu mereka akan berada di Mina sampai dengan 13 Zulhijah," ujarnya.

Sementara itu, untuk suplai logistik selama berada di Arafah, Muzdalifah, dan Mina, Subhan mengakui setiap tahunnya menjadi persoalan tersendiri. Sebab, mereka bertugas di titik-titik terpisah dan sulit dijangkau karena kepadatan jalur.

Terlebih, para petugas di lapangan yang berada di Terowongan Muaisim sampai dengan akhir Jamarat. Panitia sulit menyuplai logistik karena kepadatan yang tidak semua kendaraan bisa masuk, tidak semua barang bisa masuk. 

"Oleh karena itu maka bagi petugas-petugas yang berada di sektor-sektor tersebut kami bebaskan untuk memilih cara tersendiri untuk bagaimana memenuhi logistiknya dan nanti bisa direimburse kepada panitia," terang Subhan.

Para petugas, lanjut Subhan, tinggal melaporkan bukti-bukti pengeluaran selama bertugas di Armina melalui sekretaris sektornya masing-masing, dan nanti tinggal diajukan ke Daker Mekah untuk pencairan.