Silaturahmi NU se-Dunia di Mekah Gelar Tahlil untuk Mbah Moen 

PC .NU Arab Saudi menggelar Silaturahmi Nahdlatul Ulama XVIII se-dunia di Mekah
Sumber :
  • Bahauddin/MCH2019

VIVA – Jemaah Nahdlatul Ulama atau NU kembali menggelar Silaturahmi NU se-Dunia XVIII, bertempat di Hotel Tayseer Tower, di wilayah Jarwal, Mekah, Kamis 8 Agustus 2019. Sejumlah ulama dan tokoh hadir turut menghadiri acara tahunan ini.

Antara lain, KH Anwar Manshur (PP Lirboyo); KH Bunyamin Ruhiyat (PP Cipasung); Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin; Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi; Menristek Dikti, Mohammad Nasir; Duta Besar RI, Agus Maftuh Abegebriel; dan putra Mbah Moen yang juga Wagub Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen Zubair.

Acara dimulai dengan pembacaan tahlil bersama dan istighosah untuk memanjatkan doa kepada para pendiri NU dan khusus untuk Mustasyar PBNU, KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen yang meninggal dunia pada Selasa lalu, 6 Agustus 2019. 

"Pertemuan NU se-dunia diwarnai kehilangan yang mendalam, kiai kita, sesepuh kita, KH Maimoen Zubair yang telah berpulang ke Rahmatullah, semoga Allah menempatkan beliau ke tempat yang dikasihi," kata Hafifi, pemandu acara ini.

Ketua Pengurus Cabang NU Arab Saudi, Imron Masyhudi bersyukur acara Silaturahmi NU se-Dunia ini kembali terselenggara. Acara yang dihadiri sejumlah ulama, tokoh, dan jemaah haji ini menjadi sangat khusyuk, karena digelar berselang dua hari dari wafatnya Mbah Moen.

"Semoga silaturahmi ini dari tahun ke tahun semakin meresap. Semoga PCI NU ini makin berkembang makin luas untuk perdamaian dunia," kata Imron, saat menyampaikan pidato.

Seperti diketahui, KH Maimoen Zubair berpulang ke Rahmatullah pada Selasa 6 Agustus 2019, pukul 04.17 Waktu Arab Saudi. Jenazah Mbah Moen sempat disemayamkan di Wisma Daker Mekah, untuk disalatkan dan dibacakan tahlil bersama. Setelah itu, jenazah disalatkan di Masjidil Haram dan dimakamkan di Pemakaman Ma’la. (asp)