Jemaah Tarwiyah Mulai Diberangkatkan ke Mina

Jemaah haji tarwiyah bersiap ke Mina
Sumber :
  • MCH2019

VIVA – Jemaah haji Indonesia yang melaksanakan ibadah Tarwiyah mulai bergerak ke Mina, Kamis sore, 8 Agustus 2019. Berdasarkan pantauan ratusan jemaah haji sedang berkumpul di lobi hotel 104 di wilayah Syisyah, menunggu kedatangan bus yang mengantar mereka ke Mina.

Abdillah Mahyuddin, koordinator jemaah tarwiyah, mengatakan ada sebanyak 146 orang yang masuk dalam kelompoknya. Mereka berasal dari sejumlah kelompok terbang (kloter) Embarkasi Batam (BTH) dan Embarkasi  Padang (PDG)

"Kami berangkat menggunakan tiga bus ke Mina yang disediakan oleh maktab," kata Abdillah.

Sebelumnya, jemaah yang ikut melaksanakan tarwiyah mendaftar kepada maktab dengan membayar 200 Riyal. Biaya itu untuk menyewa bus dari Mekah ke Mina dan dari Mina ke Arafah. Termasuk juga konsumsi jemaah selama tarwiyah.

"Perbekalan kami hanya kain ihram, perlengkapan mandi, dan identitas," ujarnya.

Menurut Abdillah, jemaah yang mengikuti tarwiyah ini diharuskan melapor ke ketua kloter dan ketua sektor, yang kemudian data-datanya dilaporkan ke Kantor Urusan Haji Indonesia Mekah. Ia menyadari ibadah tarwiyah tidak difasilitasi pemerintah, sehingga siap dengan segala risikonya 

Ibadah Tarwiyah dilaksanakan di hari kedelapan di bulan Zulhijah. Tarwiyah erat kaitannya dengan peristiwa yang dialami Nabi Ibrahim AS, yang bermimpi mendapat perintah untuk menyembelih anak kesayangannya dari Siti Hajar, Ismail AS.

Soal hari Tarwiyah ini, terdapat hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Abu Dawud dan Ibnu Abbas. Ibnu Abbas berkata, "Rasulullah SAW salat zuhur pada hari Tarwiyah dan salat Subuh pada hari Arafah dari Mina".

"Kami mengikuti nabi, berdiam di Mina, salat berjamaah dan diqosor untuk salat yang empat rakaat," terang Abdillah.

Abdillah dan rombongan akan bergerak dari Mina ke Arafah pada Sabtu dini hari, 10 Agustus 2019 agar tidak terlambat. Kondisi jalan yang padat membuatnya harus bergerak lebih awal agar tidak ketinggalan salat zuhur saat di Arafah.