Pagi Ini, Jemaah Haji Mulai Diberangkatkan ke Arafah

Jemaah haji Indonesia sudah berada di Arafah untuk persiapan Wukuf
Sumber :
  • VIVA/Beno Junianto

VIVA – Jemaah haji Indonesia secara bertahap mulai diberangkatkan menuju Arafah, Jumat pagi, pukul 07.00 Waktu Arab Saudi. Jemaah akan diberangkatkan melalui angkutan bus Masyair dengan 21 bus di setiap maktab.

"Dijadwalkan 8 malam sudah selesai. Namun, kita akan tetap antisipasi tim-tim kita yang di sektor-sektor akan kita siagakan sampai habisnya jemaah haji sampai semuanya ke Arafah," kata Kepala Daker Mekah, Subhan Cholid di kantornya, Kamis malam, 8 Agustus 2019.

Untuk mempersiapkan jelang kedatangan jemaah di Arafah, PPIH Mekah mulai Kamis tengah malam sudah menggerakan petugas haji tim komando ke Arafah. Para petugas nantinya bersiap menerima kedatangan jemaah haji pada Jumat pagi.

Selanjutnya, petugas haji dari tim pengawasan katering yang akan bertugas di setiap maktab untuk melayani katering juga sudah diberangkatkan pada Kamis tengah malam. "Karena siang hari itu jemaah sudah akan mendapatkan layanan katering," ujarnya.

Ada lagi petugas pengawasan maktab yang diberangkatkan ke Arafah Kamis malam. Mereka akan menerima kedatangan jemaah di maktab-maktab tersebut, seklaigus menjadi penghubung layanan maktab dengan jemaah.

Kemudian pada Jumat, PPIH secara bergelombang memberangkatkan petugas Satgas Mina yakni dari petugas Daker Madinah. Lalu untuk petugas pos mabit di Muzdalifah, yang akan diberikan tanggungjawab sebagian petugas Daker Mekah.

"Terakhir petugas dari Mekah yang diberi tanggung jawab untuk memastikan untuk melakukan sweeping terhadap seluruh hotel yang ada di Mekah ini, untuk memastikan seluruh jemaah haji yang ada di Mekah, seluruhnya sudah diberangkatkan ke Mekah," ungkapnya.