Hujan Deras di Mina, Tenda Jemaah Haji Indonesia Aman

Pantauan tenda-tenda jemaah haji usai hujan mengguyur kawasan Mina, Arab Saudi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Hujan deras mengguyur kawasan Mina, Kota Mekah, Arab Saudi Senin sore, 12 Agustus 2019. Hujan yang disertai kilat dan angin kencang ini terjadi di saat jemaah haji tengah melaksanakan lempar jumrah pada 11 Zulhijah. 

Meskipun terjadi hujan deras disertai angin kencang di sekitaran Mina, Kepala Satuan Operasional (Kasatops) Arafah-Muzdalifah-Mina (Armuzna), Jaetul Muchlis memastikan kondisi di tenda jemaah haji Indonesia aman terkendali.

"Petugas siaga di pos masing-masing untuk memastikan kondisi aman dan layanan kepada jemaah berjalan sebagaimana biasanya," kata Jaetul Muchlis kepada MCH, Senin sore.

Menurutnya, hujan saat ini mulai reda. Pergerakan jemaah haji dari berbagai negara, termasuk Indonesia, dari tenda Mina ke tempat lontar jumrah (Jamarat) atau sebaliknya juga berjalan normal. Hanya saja, jemaah memanfaatkan payung untuk melindungi diri dari hujan. 

"Dampak hujan berupa sampah di jalanan karena kantong-kantong sampah hanyut dan sekarang dalam tahap pembersihan," ujar Muchlis.

Sementara itu, untuk layanan katering jemaah haji Indonesia di tenda-tenda Mina, Muchlis menegaskan semuanya tetap berjalan seperti biasanya. "Petugas haji terus memantau agar distribusi makan malam untuk jemaah berjalan normal," tegasnya.

Ia mengimbau kepada jemaah haji Indonesia yang masih berada di tenda Mina, agar menahan diri untuk ke jamarat. Selain kondisinya cukup padat dari jemaah negara lain, kondisi jalan juga masih basah dan licin. "Kalau pun memaksakan ya harus berhati hati," imbaunya. (ren)