Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Sabtu, 17 Agustus 2019 | 00:05 WIB

Menag Sidak Terminal Bus Shalawat Setelah Puncak Haji

Team VIVA »
Dedy Priatmojo
Foto :
  • MCH 2019/Bahauddin
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Terminal Syib Amir, Mekah

VIVA – Menteri Agama yang juga Amirul Hajj, Lukman Hakim Saifuddin mengecek layanan bus shawalat di Terminal Syib Amir yang berada di kawasan Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Jumat siang, 16 Agustus 2019. 

Layanan bus shalawat ini sempat dihentikan sementara jelang puncak haji 2019. Baru beroperasi kembali setelah 15 Agustus 2019. Antusiasme jemaah haji begitu tinggi ketika shuttle bus yang mengantarkan jemaah dari hotelnya ke Masjidil Haram ini beroperasi kembali

Baca Juga

"Saya memang sengaja untuk ngecek di terminal-terminal. Ada tiga terminal di sini yang kita pakai ada Syeib Amir, Bab Ali, dan Jyad. Jadi saya memang memilih Syeib Amir karena memang ini terminal yang paling banyak didatangi oleh bus-bus salawat yang ditumpangi oleh jemaah haji Indonesia," kata Lukman Hakim.

Dipilihnya Terminal Syib Amir sebagai lokasi kunjungan, karena di terminal ini melayani 9 rute jemaah haji Indonesia ke pemondokan. Sebagian besarnya memang mengarah ke Terminal Syib Amir, yang lokasinya arah pintu keluar Masjidil Haram, Marwah.

"Kondisinya kita sama-sama tahu meskipun padat begini Alhamdulillah jamaah cukup senang tidak ada yang dehidrasi, pingsan sejauh yang saya temui," ujarnya.

Sebelumnya, kunjungan Amirul hajj ke Terminal Syib Amir didahului dengan Salat Jumat di Masjidil Haram. Saking padatnya Masjidil Haram di Jumat pertama pasca puncak haji ini, Menag hanya salat di jalan menuju Masjidil Haram.

"Saya juga salat di jalan karena memang sudah tidak mungkin lagi masuk ke dalam masjid dan ya sejauh ini, ini lah kondisi setelah nafar tsani, inilah Jumat pertama karena sebagian besar jemaah haji dunia masih berada di Mekah," ungkapnya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Melihat Souk Ukaz, Festival Pasar Kuno Bangsa Arab
HAJIPEDIA - 16 hari lalu