Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Minggu, 18 Agustus 2019 | 08:32 WIB

Arab Saudi Akan Bangun 'Lantai Berjalan' untuk Tawaf dan Sa'i

Team VIVA »
Dedy Priatmojo
Foto :
  • ANTARA FOTO/Hani Sofia
Shalat Jumat di Masjidil Haram

VIVA – Arab Saudi serius menggarap sejumlah proyek pengembangan fasilitas ibadah haji dan umrah. Seperti yang diungkap Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi, Agus Maftuh, Arab Saudi akan meluncurkan program an-nusuk al muyassar, sebuah program ibadah yang memudahkan jemaah haji. 

Diantaranya bentuknya, kata Agus, Arab Saudi akan membangun fasilitas Metro Tawaf. Sebuah inovasi layanan ibadah yang akan menjadi alternatif bagi jemaah haji dan umrah saat melaksanakan tawaf di Ka'bah.

Baca Juga

"Saya enggak tahu di lantai berapa, nanti akan didesain, mereka mengatakan sebuah 'lantai yang bisa berjalan'. Jadi ini inovasi baru," kata Agus Maftuh saat ditemui di Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah, Sabtu petang, 17 Agustus 2019.

Selain metro Tawaf, Arab Saudi juga akan mengembangkan fasilitas metro Sa'i. Yakni, jemaah haji akan diberikan fasilitas ibadah sa'i dari bukit Safa ke Marwah dengan horizontal ramp escalator atau tangga jalan berbentuk horisontal. 

"Yang penting disini definisi tawaf masih dibenarkan menurut fikih. Jadi inovasi-inovasi ini yang akan dikembangkan Arab Saudi," ujarnya.

Diantara proyek terbesar yang akan dilakukan Arab Saudi, adalah dengan menciptakan smart city, antara Mekah, Jeddah dan Madinah. Ketiga kota ini akan saling terintegras dengan jaringan teknologi informasi 

"Saudi akan membuat inovasi-inovasi baru agar membuat ibadah ini menjadi nyaman," tegasnya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Melihat Souk Ukaz, Festival Pasar Kuno Bangsa Arab
HAJIPEDIA - 3 bulan lalu