Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 19 Agustus 2019 | 17:05 WIB

Layanan Iyab, Jemaah Haji Bak Berada di Lounge VIP Bandara Jeddah 

Team VIVA »
Dedy Priatmojo
Foto :
  • VIVA/Darmawan/MCH 2019
Kepulangan Jemaah Haji 2019

VIVA – Sebagian kelompok terbang (kloter) jemaah haji Indonesia tahun ini mendapatkan layanan Iyab (ditulis Eyab), sebuah layanan berupa percepatan masa tunggu dan pemeriksaan imigrasi pada saat kepulangan jemaah haji dari Bandara Arab Saudi menuju negaranya masing-masing. Pemeriksaan cukup dengan memindai sidik jari oleh petugas bandara.

Tahun ini, ada tiga negara yang merasakan fasilitas Iyab. Indonesia, Malaysia dan India. Karena layanan ini masih dalam tahap ujicoba, jumlah jemaah yang dilayani pun terbatas. Untuk jemaah Indonesia ada 16 kloter atau sekitar 6-7 ribu jemaah yang dilayani Iyab.

Baca Juga

Yaitu kloter JKS4, SUB4, JKS12, JKS14, JKG5, JKS16, JKS18, JKS19, JKS20, JKS24, SUB25, JKS26, JKS30, SUB32, SUB34, dan SUB36. 

"Kita (Indonesia) bisa dikatakan yang paling banyak. Artinya memang Saudi cukup apresiasi, melihat sistem pengelolaan haji kita cukup bagus sehingga kita dijadikan pilot project kepulangan dengan fasilitas Iyab," kata Kepala Daker Bandara, Arsyad Hidayat, Senin,, 19 Agustus 2019.

Sekilas, fasilitas Iyab yang diterima jemaah haji layaknya layanan di lounge VIP bandara. Jemaah masuk di sebuah tenda khusus yang disiapkan otoritas penerbangan sipil Arab Saudi. Mereka duduk santai dan menikmati makanan ringan dan air mineral yang disiapkan pihak bandara.

"Sebagaimana di lounge VIP. Setelah itu siap didorong ke (ruang tunggu) pesawat itu sekitar 3-4 jam sebelum take off.," ujarnya.

Untuk layanan imigrasi di Iyab, Arsyad mengakui prosesnya relatif lebih cepat dibanding layanan reguler. Jemaah cukup melakukan proses yang disebut Basmah, atau memindai sidik jari, setelah itu didorong masuk ke ruang tunggu pesawat.

"Karena jumlahnya tidak banyak ya, jadi satu hari cuma satu kloter, dari proses jauh lebih cepat," kata Arsyad.

Arsyad menilai Iyab ini merupakan inovasi layanan yang bagus dari Arab Saudi, karena bisa memangkas waktu tunggu jemaah di bandara kepulangan. Ia berharap pada tahun mendatang jumlah jemaah yang dilayani Iyab ini bisa lebih banyak lagi.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Melihat Souk Ukaz, Festival Pasar Kuno Bangsa Arab
HAJIPEDIA - 18 hari lalu