Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 20 Agustus 2019 | 07:19 WIB

Kelebihan Iyab, Layanan Imigrasi Jemaah Haji di Bandara Arab Saudi

Team VIVA »
Dedy Priatmojo
Foto :
  • Darmawan/MCH2019
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nizar Ali di Bandara Jeddah Arab Saudi

VIVA – Pemerintah Indonesia mengapresiasi layanan Iyab (ditulis Eyab) yang diluncurkan Pemerintah Arab Saudi untuk kepulangan jemaah haji. Indonesia berharap inovasi layanan ini bisa dilanjutkan tahun depan dengan jumlah penikmat layanan lebih banyak.

Iyab berasal dari kata dalam bahasa Arab yakni Iyaban yang berarti pulang. Program ini adalah layanan khusus imigrasi dan bagasi dalam proses pemulangan jemaah haji ke Tanah Air. Pemeriksaan cukup dengan memindai sidik jari oleh petugas bandara.

Baca Juga

Tahun ini, ada tiga negara yang merasakan fasilitas Eyab. Indonesia, Malaysia dan India. Karena layanan ini masih dalam tahap ujicoba, jumlah jemaah yang dilayani pun terbatas. Untuk jemaah Indonesia ada 16 kloter atau sekitar 6-7 ribu jemaah yang dilayani Iyab.

Banyak layanan yang diberikan dalam program Iyab ini. Di antaranya tas jemaah ditempeli dengan barcode (QR) yang berisi informasi jemaah haji, seperti nama, kloter, nomor paspor dan lainnya. Barcode terhubung dengan sejumlah instansi, termasuk Imigrasi. 

Kedua, jemaah tidak lagi menunjukkan paspor hanya perlu melewati pemeriksaan sidik jadi untuk memastikan bahwa dia betul-betul jemaah haji Indonesia. Ketiga, Pemerintah Arab Saudi ingin mengenalkan budayanya kepada jemaah haji dari negara lain di tenda khusus layanan Iyab ini.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Melihat Souk Ukaz, Festival Pasar Kuno Bangsa Arab
HAJIPEDIA - 10 bulan lalu