Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 21 Agustus 2019 | 15:37 WIB

Malaysia Kagum Pengelolaan Haji Indonesia

Team VIVA »
Dedy Priatmojo
Foto :
  • Bahauddin/MCH2019
Misi Haji Indonesia bertemu dengan Tabung Haji Malaysia di Mekah

VIVA – Tabung Haji Malaysia mengaku kagum dengan pengelolaan haji Indonesia. Dengan jumlah jemaah yang jauh diatas Malaysia, 231.000 jemaah, tapi dapat dikoordinir dengan baik, tersusun dan dikelola secara sistematis. 

Ungkapan itu disampaikan Ketua Rombongan Tabung Haji Malaysia Dato' Sri Syed Saleh Bin Syed Abdul Rahmad, saat menerima kunjungan Misi Haji Indonesia di hotel jemaah haji Malaysia, yakni Abraj Al-Janadriyah yang terletak di Syib Amir, Mekah, Selasa petang, 20 Agustus 2019.

Baca Juga

"Saya amat kagum sekali. Karena dengan jumlah yang begitu besar, hampir 231 ribu berbanding dengan Malaysia yang hanya 30 ribu, tapi bisa begitu dikendalikan dengan begitu tersusun, sistematik," kata Dato' Sri Syed Saleh dari Tabung Haji Malaysia.

Menurut Dato' Saleh, pengorganisiran jemaah Indonesia dapat dilihat saat jemaah berada di Mekah dan Madinah. Jemaah penuh disiplin, teratur, punya bekal manasik yang baik dan tidak membuat kegaduhan yang tidak diharapkan selama di Tanah Suci. 

Soal perangai jemaah dan pengelolaan haji, Dato' Saleh juga mendengar pengakuan langsung dari Kerajaan Arab Saudi bahwa urusan pengendalian jemaah haji, Indonesia diantara yang terbaik. 

"Jadi saya rasa itu dikagumi, dan Malaysia juga ini suatu perkara yang kita bisa kerjasama untuk meningkatkan lagi prestasi kita di Malaysia," ujarnya.

Secara umum, Dato' Saleh berharap pertemuannya dengan Misi Haji Indonesia bisa menjadi sarana bertukar informasi seputar pengelolaan haji. Dimana ada model sistem pengelolaan haji Indonesia tertentu, yang mungkin bisa diadopsi Malaysia.

"Misalnya dari perkara-perkara yang kita lihat dari segi kesehatan, penggunaan IT untuk kemudahan jemaah haji, dan dari segi pembimbingan untuk ibadah haji juga boleh kita pelajari bersama, untuk peningkatan berkhidmat ke masa ibadah haji," tegasnya.

Hadir dari perwakilan Misi Haji Indonesia, yakni Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama RI, Sri Ilham Lubis, Ketua PPIH 2019 Endang Djumali, Direktur Pengelolaan Dana Haji Kemenag Maman Saepulloh, Kepala Daerah Kerja Mekah Subhan Cholid, dan sejumlah petugas haji yang turut menyertai.
 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Melihat Souk Ukaz, Festival Pasar Kuno Bangsa Arab
HAJIPEDIA - 18 hari lalu