Ditinggal Jemaah Haji, Jalanan di Mekah Berangsur Sepi

Suasana jemaah haji Indonesia di Terminal Syib Amir Mekah
Sumber :
  • MCH 2019

VIVA – Ribuan jemaah haji mulai berangsur meninggalkan Mekah untuk kembali ke Tanah Airnya masing-masing, seiring berakhirnya puncak haji tahun 2019. Walau masih ada sebagian yang menunggu jadwal kepulangan, namun jumlahnya tak sepadat beberapa pekan lalu.

Bagitu juga jemaah Indonesia. Sebagian jemaah gelombang pertama sudah kembali ke Tanah Air, dan sebagian lain dari gelombang kedua melanjutkan ibadah ke Madinah. Mereka juga akan langsung bertolak ke Tanah Air melalui Madinah

Kepala Daerah Kerja Mekah, Subhan Cholid mengatakan setelah selesainya proses penyelenggaraan haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina, maka puncak kepadatan jemaah di Mekah berangsur menurun. Jemaah ada yang langsung kembali ke negaranya usai puncak haji, ada juga jemaah yang lanjut ke Madinah.

Namun, pada 16 Zulhijah 1440 H/17 Agustus 2019, jemaah Indonesia sudah ada kloter yang diberangkatkan untuk pulang ke Tanah Air, yakni sebanyak 18 kloter.

"Mulai hari ini berangsur-angsur jemaah haji setiap harinya antara 15-20 kloter kembali ke Tanah Air melalui Jeddah," kata Subhan Cholid di Mekah, Sabtu, 24 Agustus 2019.

Sejak 21 Agustus 2019, selain jemaah yang pulang ke Tanah Air, PPIH juga memberangkatkan jemaah menuju Madinah bagi jemaah haji gelombang kedua untuk melaksanakan ibadah Arbain. 

"Setiap harinya 15-18 kloter jadi setiap hari jemaah haji yang meninggalkan Mekah setelah gelombang kedua berangkat ke Madinah rata-rata sekitar 30 kloter jadi berkurang cukup banyak," ujar Subhan.

Saat ini, jalan-jalan di Kota Mekah juga sudah terasa mulai sepi karena pengurangan jemaah per hari cukup banyak. Sementara jumlah haji yang ke Madinah sudah sekitar 40 kloter atau sekitar 16.000-an sudah ke Madinah. 

"Prosesnya hampir sama seperti ke Jeddah tapi kalau ke Madinah dibatasi waktu dalam waktu paling lambat itu jam 8 malam, dan dimulai lagi ba'da Subuh artinya kita hanya memberangkatkan di waktu siang saja mulai jam 8 pagi sampai 4 sore kita memberangkatkan jemaah dari Mekah ke Madinah," ungkapnya.