Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 20:15 WIB

Minim Kendala, Keluhan Jemaah Haji Tahun 2019 Lebih Sedikit

Team VIVA »
Dedy Priatmojo
Foto :
  • VIVA/Dedy Priatmojo
Kepala Daker Mekah, Subhan Cholid saat diwawancarai tim MCH di KUH Mekah

VIVA – Kepala Daerah Kerja Mekah PPIH Arab Saudi, Subhan Cholid mengklaim penyelenggaraan ibadah haji di Arab Saudi tahun ini relatif lancar dan tidak banyak kendala berarti. Setidaknya selama penyelenggaraannya hingga proses pemulangan jemaah haji ke Tanah Air.

Menurutnya, setiap tahun proses penyelenggaraan haji memiliki karakter spesifik persoalan yang berbeda-beda. Subhan mengaku sudah sekian tahun ini mengikuti proses penyelenggaraan ibadah haji, dan setiap tahun punya karakter yang berbeda-beda.

Baca Juga

"Tapi secara umum memang tahun ini kita rasakan kendalanya, bukan tidak ada, relatif bisa kita selesaikan di tempat dan alhamdulillah tidak menyisakan kendala-kendala yang sifatnya besar," kata Subhan di Mekah, Sabtu, 24 Agustus 2019.

Subhan tak menampik ada hambatan di lapangan, karena mengelola jemaah dalam jumlah yang sangat besar di negara orang. Disamping itu, sebagai Kepala Daker Mekah, Ia harus berurusan dengan berbagai pihak di Arab Saudi untuk memecahkan berbagai persoalan jemaah haji Indonesia di Tanah Suci.

"Tapi alhamdulillah masalah-masalah itu bisa kita selesaikan dengan segera, dan jemaah juga pada umumnya tahun ini keluhannya lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya," ujar Subhan.

Salah satu diantara persoalan yang paling sering dikomplain jemaah, adalah transportasi. Masalahnya seputar keterlambatan armada, kepadatan penumpang, hingga pengemudi tidak tertib. Subhan mengklaim angka keluhan jemaah sangat jauh berkurang dibandingkan tahun lalu.

Kemudian terkait katering yang umumnya terkendala dalam hal keterlambatan penyajian hingga makanan basi, tahun ini bisa diantisipasi oleh para petugas dan para penyedia jasa konsumsi sehingga keluhan jemaah hampir tidak ada.

"Kemudian juga akomodasi pihak pemilik hotel sangat akomodatif dan proses check in-check out lancar, fasilitas hotel baik semua, kalau dibanding tahun lalu keluhan jauh lebih sedikit," ungkapnya
 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Melihat Souk Ukaz, Festival Pasar Kuno Bangsa Arab
HAJIPEDIA - 13 hari lalu