Layanan Iyab Bagi Jemaah RI di Bandara Jeddah Berakhir Hari Ini

Kepulangan Jemaah haji Indonesia di Bandara Jeddah melalui fasilitas Iyab/Eyab
Sumber :
  • Darmawan/MCH2019

VIVA – Kepulangan gelombang pertama jemaah haji Indonesia melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah, yang menggunakan fasilitas Iyab (tertulis Eyab) akan berakhir hari ini, Rabu, 28 Agustus 2019.

Sebanyak 16 kloter jemaah haji Indonesia mendapat fasilitas kepulangan melalui Iyab, sebuah layanan cepat imigrasi dan bagasi di Bandara Jeddah. Layanan ini baru diujicobakan Arab Saudi untuk jemaah haji tiga negara.

Adapun kloter terakhir yang akan kembali ke Tanah Air melalui fasilitas Iyab ini adalah Kloter 36 Embarkasi Surabaya (SUB). 

"Nanti akan di-take off kan, berangkat pukul 22.45 (waktu Arab Saudi)," kata Kepala Daerah Kerja Bandara, Arsyad Hidayat saat ditemui di Jeddah. Kepulangan jemaah SUB 36 ini menandai berakhirnya fasilitas Iyab di Bandara King Abdul Aziz Jeddah untuk jemaah Indonesia.

Berdasarkan hasil pantauan selama ini, Arsyad menerangkan bahwa layanan Iyab ini berjalan lancar. Jemaah yang mendapatkan fasilitas ini ditempatkan di terminal selatan Bandara Jeddah. Jemaah mendapatkan layanan Iyab ini relatif lebih cepat daripada jemaah umumnya.

Jemaah pun mengapresiasi layanan ini karena tak menunggu di ruang tunggu terbuka di plaza Bandara Jeddah. Jemaah juga disugguhi aneka makanan, minuman, tarian tradisional Arab Saudi, aneka oleh-oleh dan ruang ber-AC.

"Relatif jemaah yang masuk kesini seperti layaknya masuk ruang lounge VIP yang biasa kita lihat," ujarnya.

Diketahui, sebagian kelompok terbang (kloter) jemaah haji Indonesia tahun ini mendapatkan layanan Iyab (ditulis Eyab), sebuah layanan berupa percepatan masa tunggu dan pemeriksaan imigrasi pada saat kepulangan jemaah haji dari Bandara Arab Saudi menuju negaranya masing-masing. Pemeriksaan cukup dengan memindai sidik jari oleh petugas bandara.

Tahun ini, ada tiga negara yang merasakan fasilitas Iyab. Indonesia, Malaysia dan India. Karena layanan ini masih dalam tahap ujicoba, jumlah jemaah yang dilayani pun terbatas. Untuk jemaah Indonesia ada 16 kloter atau sekitar 6-7 ribu jemaah yang dilayani Iyab.

Yaitu kloter JKS4, SUB4, JKS12, JKS14, JKG5, JKS16, JKS18, JKS19, JKS20, JKS24, SUB25, JKS26, JKS30, SUB32, SUB34, dan SUB36.