Akhir Kepulangan Jemaah Haji RI Melalui Bandara Jeddah 1 September 

Kepulangan Jemaah Haji 2019
Sumber :
  • VIVA/Darmawan/MCH 2019

VIVA – Kepulangan jemaah haji Indonesia gelombang pertama melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, sudah mendekati akhir. Sebagian besar jemaah gelombang pertama sudah didorong ke Jeddah untuk dipulangkan ke Tanah Air.

"Insya Allah jemaah haji terakhir yang dipulangkan dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah itu tanggal 1 September," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara, Arsyad Hidayat, Rabu, 28 Agustus 2019.

Pada saat bersamaan, kata Arsyad, kloter pertama jemaah haji gelombang kedua juga akan mulai dipulangkan ke Tanah Air melalui Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah pada 30 September mendatang. 

Dengan demikian, pada periode 30 Agustus-1 September 2019, akan ada dua arah kepulangan jemaah haji Indonesia dari Arab Saudi. Pertama, akhir kepulangan jemaah gelombang pertama dari Jeddah dan awal kepulangan jemaah gelombang kedua di Madinah.

"Jadi ada dua sisi, satu sisi kita akan menyelesaikan kepulangan jemaah dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Di sisi lain kita akan mulai kepulangan jemaah dari Bandara Madinah," ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, sebanyak 76.129 orang jemaah dari 187 kelompok terbang (kloter) dari seluruh embarkasi di Indonesia, telah dipulangkan ke Tanah Air melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah. 

Adapun jumlah jemaah haji wafat sampai dengan hari ini sebanyak 360 orang.