Jemaah Kloter Terakhir Gelombang I Dipulangkan ke Tanah Air

Jemaah haji Kloter 15 BTH pulang ke Tanah Air
Sumber :
  • Bahauddin/MCH2019

VIVA – Sebanyak 229 kloter jemaah haji gelombang I telah meninggalkan Kota Mekah. Jemaah yang tergabung dalam kloter 15 embarkasi Batam (BTH 15) menjadi kloter terakhir yang meninggalkan Kota Mekah.

Khusus untuk kloter terakhir yang pulang malam ini, BTH 15, ada sebanyak 450 jemaah ditambah 5 orang petugas kloter. Mereka diberangkatkan dan dilepas langsung oleh Dirjen Haji dan Umrah, Nizar Ali, pukul 23.15 waktu Arab Saudi menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah. 

"Dengan demikian, seluruh jemaah haji gelombang I telah kami lepas meninggalkan Mekah kata Kepala Daerah Kerja Makkah Subhan Cholid, di Mekah, Sabtu, 31 Agustus 2019.

Fase pemulangan jemaah haji gelombang I dari Mekah menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah menurut Subhan telah berlangsung sejak 17–31 Agustus 2019. "Total sebanyak 94.036 jemaah beserta petugas telah diberangkatkan oleh Daerah Kerja Mekah menuju Jeddah," ujar Subhan. 

Selanjutnya, Daker Mekah akan terus melakukan pemberangkatan jemaah haji gelombang II menuju Kota Madinah. Hingga pukul 19.00 WAS malam tadi, sebanyak 200 kloter telah diberangkatkan ke Madinah. "Maka tersisa akan ada sekitar 100 kloter yang akan kita berangkatkan ke Kota Madinah," ujar Subhan. 

Subhan bersyukur selama proses pergerakan jemaah haji dari Mekah menuju Jeddah maupun Madinah tidak ada kendala yang berarti. "Kami berharap, hingga akhir masa operasional pada tanggal 6 September mendatang, seluruh petugas Daerah Kerja Mekah dapat melayani jemaah dengan sebaik-baiknya," ungkapnya.

Sementara, Kepala Sektor 1 Mekah Mi'rad mengatakan hingga saat ini sudah 46 kloter yang diberangkatkan menuju Jeddah dan Madinah. "Saat ini tersisa 11 kloter yang masih ada di Sektor 1 Mekah ini. Ini semua kloter yang akan diberangkatkan menuju Madinah," ujar Mi'rad.