Besok, Operasional Haji Daker Mekah Berakhir

Kadaker Mekah Subhan Cholid saat jumpa pers di kantor Daker Mekah
Sumber :
  • Darmawan/MCH2019

VIVA – Jemaah haji Indonesia secara bertahap telah meninggalkan Kota Mekah. Untuk kloter jemaah gelombang I seluruhnya sudah kembali ke Tanah Air melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Sedangkan kloter jemaah gelombang II sebagian besarnya masih berada di Madinah untuk Arbain, dan secara bertahap pula dipulangkan ke Tanah Air melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah.

Berdasarkan data yang dirilis Sistem Informasi dan Komputerisasi (Siskohat) Kementerian Agama, hingga Rabu, 4 September 2019 pukul 19.00 waktu Arab Saudi kemarin, sebanyak 501 kelompok terbang (kloter) telah meninggalkan Kota Mekah. 

Sebanyak 229 kloter yang merupakan jemaah gelombang I telah diberangkatkan menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah untuk dipulangkan ke Tanah Air. Sementara, 272 kloter lainnya yang merupakan jemaah haji gelombang II telah diberangkatkan menuju Kota Madinah. 

"Operasional haji Daker Mekah akan berakhir besok. Ada 28 kloter tersisa yang akan membawa sekitar 12 ribuan jemaah yang kita berangkatkan bertahap  dari Mekah menuju Madinah hari ini hingga besok," kata Kepala Daerah Kerja Mekah Subhan Cholid, Kamis, 5 September 2019.

Subhan mengatakan untuk hari ini diberangkatkan sekitar 21 kloter menuju Madinah. "Esok hari, kita akan berangkatkan tujuh kloter dimulai sejak pukul 06.00 pagi waktu Arab Saudi, dan berakhir pukul 12.00 siang," ujar Subhan.

Adapun tujuh kloter yang akan diberangkatkan besok adalah UPG 39, MES 22, dan SOC 96 yang akan diberangkatkan pada pukul 06.00 WAS; UPG 40 dan BDJ 19 yang akan diberangkatkan pukul 10.00 WAS; SOC 97 yang akan diberangkatkan pukul 12.00 WAS.

"Dan kloter BPN 15 yang akan diberangkatkan pukul 12.00 WAS besok, menjadi penutup keberangkatan jemaah haji dari Mekah ke Madinah sekaligus penanda berakhirnya masa operasional haji Daker Mekah," ungkapnya.

Hingga Rabu kemarin, terdapat 82 jemaah haji sakit yang masih dirawat di Mekah. 14 jemaah dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah, dan 68 jemaah dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) Mekah.

Sementara jumlah jemaah wafat hingga kemarin berjumlah 405 orang. Paling banyak, yakni sebanyak 303 jemaah wafat di Mekah. Kemudian 32 jemaah wafat di Madinah, 26 jemaah wafat di Mina, 9 jemaah wafat di Jeddah, 8 jemaah wafat di Arafah, dan 1 jemaah wafat di Muzdalifah. Sedangka untuk jemaah haji khusus yang wafat berjumlah 26 orang. 

"Jadi total ada 405 jemaah wafat di Tanah Suci hingga kemarin," kata Subhan