Semua Jemaah Haji Indonesia Sudah Tinggalkan Mekah

Bus yang mengangkut jemaah haji Kloter BPN 15 menuju Madinah
Sumber :
  • VIVA/Dedy Priatmojo

VIVA – Keberangkatan jemaah Kloter 15 Embarkasi Balikpapan (BPN) ke Madinah Al Munawarah, Jumat, 6 September 2019, menandai berakhirnya operasional haji di Daerah Kerja Mekah pada musim haji tahun 1440 H/2019 M.

Sebanyak 500 orang jemaah Kloter 15 BPN berangkat menuju Madinah untuk melaksanakan ibadah Arbain atau salat 40 waktu di Masjid Nabawi. Jemaah akan berada selama 8-9 hari di Madinah, untuk selanjutnya dipulangkan ke Tanah Air.

"Alhamdulillah pagi ini kita telah selesai melakukan seremoni pelepasan jemaah terakhir BPN 15. Jadi kalau di total ini Kloter 529 dari 529 Kloter (jemaah haji Indonesia 2019)," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nizar Ali saat melepas jemaah di Hotel 905 Rea Bakhsy, Mekah.

Selama di Madinah, selain akan melaksanakan ibadah Arbain, jemaah juga akan mendapatkan paket wisata ziarah tempat bersejarah di Madinah. Karenanya, Nizar berpesan kepada para jemaah agar tetap menjaga kesehatan. 

Disamping itu, setibanya di Tanah Air nanti, Nizar berharap kepada para jemaah senantiasa menjaga kemabruran haji. Caranya, dengan meningkatkan kepekaan sosial dan selalu menebar kedamaian kepada sesama. "Jadi dua itulah yang kami tekankan kepada jemaah haji," ujarnya.

Kemudian, jemaah juga diminta untuk selalu menimba ilmu, menggelar pengajian antar sesama persaudaraan haji walau sebulan sekali, dalam rangka memperluas ilmu Agama Islam. "Sehingga nilai-nilai haji bisa terpatri dalam lubuk sanubari jemaah sekalian," kata Nizar.

Sementara untuk jemaah haji yang sakit dan dirawat di Arab Saudi, Nizar memastikan seluruh jemaah sakit akan tetap didampingi hingga sembuh dan akan diantarkan pulang ke Tanah Air. 

Menurut Nizar, petugas haji Indonesia memiliki perwakilan di Arab Saudi yang akan terus memantau kondisi kesehatan jemaah meskipun operasional haji telah selesai. "Walaupun sampai enam bulan atau bahkan satu tahun (dirawat) kita tunggu sampai sembuh, sesuai dengan SOP kita," tegasnya. 

Seperti diketahui, ada tujuh kloter terakhir yang diberangkatkan ke Madinah hari ini, Jumat, 6 September 2019. Mereka adalah Kloter UPG 39, Kloter MES 22, Kloter SOC 96, Kloter UPG 40 Kloter BDJ 19, Kloter SOC 97, dan Kloter BPN 15.

Hingga Kamis kemarin, masih terdapat 82 jemaah haji yang dirawat di Mekah. 14 jemaah dirawat di KKHI Mekah, dan 68 jemaah dirawat di RSAS Mekah. Sementara jumlah jemaah wafat hingga kemarin berjumlah 405 orang.