Bikin Iri, Ini Potret Kemesraan Sejoli Jemaah Haji Asal Maluku

Jemaah haji asal Maluku, Mahmud (85) dan istrinya Mak Cum (75)
Sumber :
  • MCH2019/Darmawan

VIVA – Cerita romantis antara Kakek Mahmud (87) dengan istrinya Mak Cum (75) di Bandara Madinah, begitu menyentuh. Besarnya rasa cinta Mahmud terkadang sampai membuat Mak Cum malu sendiri.

Mahmud selalu memegang erat tangan Mak Cum. Ia pun berontak ketika Mak Cum berjalan mendahului. Bahkan, petugas sempat jadi sasaran kemarahan Mahmud, karena dikira sengaja menyenggol tangan Mak Cum.

Foto: Mahmud (87) selalu menggandeng tangan Mak Cum (75) saat di Bandara Madinah

Saat ditemui Tim Media Center Haji (MCH), Mak Cum mengaku tidak tahu mengapa suaminya terlihat begitu sayang kepadanya. Padahal saat di rumah, sikapnya tidak seperti itu. Mahmud biasa saja ketika ditinggal keluar rumah. 

"Saya malu dilihat banyak orang. Saya sempat bilang, kalau seperti ini saya tinggal saja. Dia malah jawab, kau tidak sayang sama saya," kata Mak Cum tersenyum.

Foto: Mak Cum menyuapi suaminya, Mahmud. 

Di mata Mak Cum, suaminya itu merupakan pribadi yang lembut, tidak pernah berbicara kasar kepada orang lain. Karena itu juga, Ia menurut orang tua ketika dijodohkan dengan Mahmud. "Dulu banyak wanita yang naksir dengan dia," kata Mak Cum tersipu malu.

Karena besarnya perhatian Mahmud, Mak Cum berusaha meladeni suaminya dengan baik, dengan menyiapkan teh dan biskuit kesukaan Mahmud. Mak Cum tak canggung ketika menyuapi suaminya. "Ganteng kan? (suami saya), dari hidungnya sudah kelihatan," kata Mak Cum tersenyum.

Foto: Mak Cum menyuapi suaminya, Mahmud. 

Mahmud Sopamena dan Kalsum Litiloli merupakan jemaah haji Indonesia Kloter 13 Embarkasi Makassar (UPG). Pasangan suami istri ini berasal dari Pulau Tual, Maluku. Pasangan yang telah memiliki 8 anak dan 11 cucu ini, selalu duduk berdampingan. Mahfud pun selalu menggenggam tangan istrinya. Mereka pun akhirnya tinggal satu kamar di hotel Madinah.

Foto: Mahmud (87) terus menggandeng tangan Mak Cum (75).