Tips Sehat Ala Amirul Hajj Saat Wukuf di Arafah

Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin usai olahraga pagi
Sumber :
  • VIVA/Dedy Priatmojo

VIVA – Di tengah padatnya aktifitas memantau seluruh rangkaian penyelenggaraan ibadah haji, Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin menyempatkan berolahraga pagi, dengan menyusuri jalan-jalan di Kota Mekah sembari menyapa jemaah haji Indonesia.

Seperti diketahui, hari ini merupakan awal keberangkatan jemaah dari Mekah ke Arafah, untuk pelaksanaan puncak haji tanggal 9 Zulhijah, esok hari.

"Di tengah-tengah kesibukan, saya perlu memanfaatkan waktu luang di luar dari kebiasaan, tentu aktifitas berolah raga itu menjadi pilihan dan saya sekalgus memantau hotel-hotel yang didiami jemaah haji," kata Lukman usai berolahraga pagi, Jumat, 9 Agustus 2019.

Lukman berolahraga dengan berjalan kaki dari kantor Daker Mekah menyusuri daerah-daerah yang banyak ditinggali jemaah haji Indonesia di wilayah Syisyah. Puluhan ribu jemaah Indonesia menempati hotel-hotel yang ada di wilayah Syisyah.

"Alhamdulillah tadi saya sempat menyaksikan mereka bersiap ke Arafah, karena tahap pertama hari ini dimulai dari pukul 7 sampai jam 12, jemaah haji kita sudah mulai meninggalkan Mekah menuju Arafah," ujarnya.

Kepada jemaah haji yang akan wukuf di Arafah, Menteri Agama berpesan agar menjaga kesehatan dengan asupan makan dan minum yang cukup. Karena selama tiga hari ke depan, jemaah haji membutuhkan stamina yang prima untuk wukuf dan melontar jumrah di Mina.

"Karena jarak tenda kita di Mina ke Jamarat cukup jauh, sehingga butuh stamina, makan cukup, minum yang banyak dan istirahat yang cukup sehingga aktifitas kita bisa dilakukan dengan baik," pesannya.