3 Gunung Bersejarah di Sekitar Mekah

Peziarah bermunajat di Gua Hira, Jabal Nur (Bukit Cahaya), Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi, Sabtu, 4 Mei 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aji Styawan

VIVA – Sejumlah tempat bersejarah bertebaran di sekitar kota suci Mekah. Bagi jemaah haji, tempat-tempat ini memang tidak harus didatangi secara khusus karena tidak menjadi bagian ritual haji.

Namun jika memiliki waktu tidak salahnya berkunjung ke salah satu tempat ini, atau minimal mengetahui apa saja tempat itu. 

Di Mekah ada tiga gunung yang berkaitan dengan Rasulullah SAW, di antaranya tempat menerima wahyu pertama dan terakhir. Ada pula lokasi persembunyian.

Jabal Rahmah
Diyakini sebagai pertemuan antara Adam dan Hawa setelah terpisah saat diturunkan di bumi. Jabal Rahmah sendiri bermakna gunung kasih sayang.

Peristiwa penting di zaman Rasulullah SAW adalah bahwa bukit ini merupakan tempat terakhir Muhammad SAW menerima wahyu, yaitu surah Al-Maidah ayat 3, "Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmat-Ku dan telah Kuridai Islam itu jadi agama bagimu."

Jabal Nur dan Gua Hira
Bukit ini terletak sekitar 6 km sebelah utara Masjidil Haram. Di puncak bukit ini terdapat sebuah gua bernama Hira, Di gua inilah Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertamanya, yaitu surat Al-Alaq ayat1-3.

Jabal Tsur 
Terletak sekitar 6 km di selatan Masjidil Haram. Gunung ini lumayan tinggi, untuk mendakinya dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Di gunung inilah Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar As-Siddiq bersembunyi dari kepungan kaum Quraisy ketika hendah hijrah ke Madinah.

Sumber: Ensiklopedia Fikih Indonesia 6: Haji dan Umrah, penulis: Ahmad Sarwat