Dimanakah Letak Masjid Abu Bakar, Umar dan Usman?

Masjid Abu Bakar Shiddiq
Sumber :
  • AL-Madinah Al Munawwarah Research Studies Center.

VIVA – Abu Bakar ash-Shiddiq, Umar bin Khattab dan Usman bin Affan dikenal sebagai sahabat terdekat Nabi Muhammad SAW. Kesalehan dan keimanan mereka kepada Allah SWT tidak diragukan lagi. Pun, kesetiaannya kepada Rasulullah SAW.

Saat hijrah ke Madinah, ketiganya setia mendampingi perjuangan Muhammad SAW. Dan, sepeninggal Rasulullah SAW, ketiganya bergantian menjadi pemimpin umat Islam. Saat meninggal dunia, Abu Bakar dan Umar dimakamkan berdekatan dengan makam Rasulullah SAW di kompleks Masjid Nabawi.

Saat menetap di Madinah, para sahabat Nabi ini mendirikan masjid yang yang dilabeli dengan nama masing-masing. Namun ada juga yang dibangun orang lain. Di manakah letak ketiga masjid para sahabat ini?

Masjid Abu Bakar
Letaknya tidak jauh dengan Masjid Nabawi. Kurang lebih sekitar 335 meter jarak antara kedua masjid ini. Masjid Abu Bakar juga hanya berjarak 40 meter dari Masjid Ghamamah. Luas masjid sekitar 19,5 meter x 15 meter. Masjid ini pada pemerintahan Raja Fadh di tahun 1411 Hijriyah atau tahun 1993 pernah direnovasi. Umar merupakan Khalifah pertama sepeninggal Rasulullah.

Masjid Umar bin Khattab
Dibangun pada abad ke-9 oleh Syamsuddin Muhammad bin Ahmad as-Salawi. Masjid ini mengalami dua kali renovasi. Renovasi pertama dilakukan oleh Sultan Ottaman-Mahmud II (1254 H/1838 M) yang kemudian diteruskan oleh puteranya, Sultan Abdul Majid I (1266 H/1949 M).

Masjid Umar bin Khattab

Renovasi kedua dilakukan pada tahun 1411 H/1993 M. Masjid Umar terletak sekira 500 meter di sebelah barat daya Masjid Nabawi. Lokasi masjid ini dahulunya merupakan rumah sahabat Umar, dekat dengan Masjid Abu Bakar. Umar bin Khattab merupakan khalifah kedua setelah Rasulullah wafat.

Masjid Usman bin Affan
Terletak kurang lebih 1 km di sebelah barat daya Masjid Nabawi. Masjid ini diperkirakan dahulunya merupakan rumah sahabat Usman bin Affan, dekat dengan stasiun kereta dan kantor polisi Madinah. Masjid Usman berdiri di tahun 1401 H/1985 M. Usman bin Affan merupakan Khalifah ketiga setelah wafatnya Rasulullah SAW.

Sumber: Atlas Ibadah Haji dan Umrah