Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Kamis, 22 Agustus 2019 | 06:00 WIB

Rumah Kelahiran Nabi Muhammad SAW yang Kini Jadi Perpustakaan Mekah

Team VIVA »
Dedy Priatmojo
Foto :
  • VIVA/Dedy Priatmojo
Rumah kelahiran Nabi Muhammad SAW di sekitaran Masjidil Haram

VIVA – Masjidil Haram di sebelah Timur Ka'bah. Bangunan sederhana itu tampak begitu sederhana. Tak ada pilar-pilar menjulang, layaknya bangunan di sekelilingnya.

Bentuknya mirip kubus dengan jendela ukir dari kayu. Umumnya bangunan-bangunan rumah di Kota Mekah. Di bagian depan bangunan tertulis Maktabah Makkah al Mukarramah atau Makkah al Mukarromah Library, alias perpustakaan Makkah al Mukarramah.

Baca Juga

Meski namanya perpustakaan, nyaris tak ada aktifitas di dalamnya. Sulit juga diintip dari luar. Selain pintunya terkunci rapat, sekelilingnya juga dipasang pagar pembatas. Menandakan tempat ini memang tidak dapat dikunjungi.

Namun demikian, di bagian kanan depan, terpampang sebuah banner berisi empat frame foto suasana dalam perpustakan. Foto-foto itu setidaknya memberikan gambaran sekilas bagi para jemaah yang mungkin penasaran dengan isi dalam perpusataan tersebut.

Tapi yang membuat penasaran adalah sebuah maklumat yang terpampang di sisi depan kiri tembok bangunan berciri Timur Tengah itu. Maklumat ditulis dalam enam bahasa, ada Arab, Inggris, Turki, India, Urdu dan Arab Afrika.

Maklumat itu berbunyi 'Kepala saudara muslim, tidak disyariatkan ziarah tempat ini dengan tujuan pengkultusan ibadah, disebabkan tidak ada dalil yang menjelaskan tentang itu'.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Soal Ujian Agama Islam Diduga Hina Nabi Muhammad SAW
TVONE NEWS - 8 bulan lalu