Hijrah Selebriti

Isteri Ahmad Dhani, Mulan Jameela.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Moch Asim

VIVA – Beberapa waktu terakhir dunia hiburan diramaikan dengan mulai banyaknya selebriti yang memutuskan tampil lebih religius bahkan tertarik mendalami agama. 

Misalnya dulu ada selebriti yang kerap tampil seksi atau tampil nyeleneh kini memilih menutup aurat hingga serius mendalami agama. 

Keseriusan mendalami agama itu bahkan ada yang sampai membuat mereka meninggalkan dunia hiburan, dan fokus untuk hijrah. Mereka bahkan rutin melakukan kegiatan ceramah agama hingga kegiatan kemanusiaan. 

1.Ki Joko Bodo

Paranormal Ki Joko Bodo dikenal memiliki penampilan ‘menyeramkan’. Namun, belum lama ini ramai diperbincangkan karena penampilannya berubah drastis. Pakaian serba hitam yang identik dengan dirinya, ia tinggalkan. Begitu pula dengan jenggot serta rambut gondrong yang telah ia pangkas habis.

Meski dianggap telah berhijrah, Ki Joko Bodo merasa tidak ada yang berbeda dengan dirinya. Ia masih seorang Ki Joko Bodo yang lama, seperti yang orang-orang kenal, “Menurut aku sama saja, yang disebut itu kan kita sebagai manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa nah itu adalah definisi hidup,” kata Ki Joko Bodo saat dihubungi via sambungan telepon oleh VIVA, pekan ini.

Menurutnya, orang-orang di sekitar tidak melupakan image lama Ki Joko Bodo, justru itu yang paling melekat dari sosok paranormal ini, “Enggak (lupa dengan image lama). Malah yang melekat yang lama. Ketika sudah enggak rambut panjang segala macam, mereka malah tetap ingat yang dulu. Enggak ingat yang sekarang,” tuturnya. 

Perubahan drastis tersebut tentu sempat membuat pria kelahiran tahun 1974 ini canggung. Tapi lama-kelamaan, ia menjadi biasa, “Kesulitan diri tuh mungkin transisi aja kayak canggung, gitu aja sih. Tapi setelah masuk (hijrah), enggak canggung lagi. Sebentar (transisinya). Cuma aku mikirnya kalau aku gini, gitu, nanti rezeki dikurangin sama Tuhan, ternyata malah ditambah,” ujarnya.

Ia pun bercerita, proses hijrah bagi setiap orang berbeda-beda. Yang kini terlihat oleh mata publik hanyalah penampilan Ki Joko Bodo yang berubah. Padahal, hijrah sendiri memiliki arti lebih dari itu, yakni perubahan yang sebenarnya terjadi di dalam diri.

“Yang disebut hijrah tuh seperti apa sih? aku juga kurang paham sih tapi yang jelas dari dulu dan sekarang itu sama aja. Cuma mungkin rambut dulu panjang tiba-tiba jadi pendek. Orang hanya melihat itu. Kemudian kumisnya dulu ada sekarang enggak ada. Yang membedakan itu aja sih. Jadi definisi hijrah mungkin bagi orang-orang seperti itu tapi bagi aku sama aja,” katanya. 

Setelah memutuskan untuk berhijrah, Ki Joko Bodo tidak 'jomplang' lagi saat menjalani hidup. Ia justru berusaha menyeimbangkan antara kehidupan duniawi dan juga rohani, “Enggak ada perubahan apa-apa. Paling meningkatkan ibadah. Lalu mencari dunia dan mencari Tuhan itu yang selalu aku tanamkan dari dulu. Jadi akhirat itu enggak boleh terlalu jomplang sama dunianya, begitu sebaliknya. Dunia dan akhirat harus seimbang menurutku begitu aja,” katanya.

Ki Joko Bodo bahkan masih tetap menerima pasien yang datang untuk berobat, sama seperti yang biasa dilakukan selama ini. Tapi, ada aktivitas lain yang ia rutin lakukan setiap bulannya, di mana pria 45 tahun itu mengunjungi daerah terpencil untuk mengobati warga yang sakit.

“Aku mengadakan bakti sosial untuk pengobatan di daerah-daerah. Jadi misalnya di kelurahan atau di sebuah desa di Yogyakarta, ada orang yang sakit mata, macam-macam sakit itu mereka dikumpulin di tempat yang sama terus

aku ngobatin di situ. Sebulan bisa dua-tiga kali,” ujarnya.

2.Tantri Kotak

Terkenal sebagai seorang lady rocker, Tantri vokalis band Kotak selama ini memang terkenal tampak sangar dan keren saat tampil di atas panggung. Karakter suaranya yang khas membuat banyak orang tersihir.

Namun imej lady rocker sangar di atas panggung yang melekat pada diri Tantri seakan berubah ketika wanita kelahiran Tangerang itu memutuskan untuk mengenakan hijab. 

Saat dihubungi VIVA, pada Jumat 28 Juni 2019, Tantri menjelaskan bahwa dibutuhkan pemikiran panjang ketika akan mengenakan hijab. Perasaan takut akan memengaruhi pekerjaan dan aksi panggung pun pernah dirasakannya.

“Mikir panjang pasti, terbesit tanya apakah memengaruhi job? Apakah nyaman saat berkarya? Secara Kotak itu keluarga besar, ada crew panggung, belakang layar rekaman, management, banyak yg menggantungkan hidupnya untuk berkeringat di sana,” kata Tantri. 

Namun setelah berpikir panjang dan melakukan komunikasi dengan banyak pihak, Tantri pun akhirnya memutuskan untuk mengenakan hijab. Wanita kelahiran  29 tahun silam itu pun merasa bahwa hijab bukan penghalang seseorang untuk berkarya.

“Tapi semuanya satu persatu dilewati, komunikasi yang baik dan komitmen saya untuk terus berkarya karena energi Kerabat Kotak terlalu besar untuk diabaikan. Saya mendengarkan kata hati untuk terus maju karena hijab bukan alasan penghalang seseorang berkarya,” ujarnya.

Selain itu, Tantri juga mengungkapkan pengakuan bahwa ada alasan lain yang membuatnya akhirnya mantap mengenakan hijab. Ada sebuah kejadian yang sempat membuat band Kotak akan bubar. Kejadian itu terjadi ketika Kotak manggung di daerah Sergai Sumatra. 

Pada saat itu Tantri berencana akan mengeluarkan seluruh energinya di atas panggung dan berpikir bahwa dirinya akan hengkang dan keluar dari band yang telah membesarkan namanya tersebut.

Namun ternyata, ada sebuah kejadian di atas panggung ketika show di Sumatera tersebut, kejadian itu adalah insiden kecelakaan yang membuat Tantri akhirnya sadar dan mantap mengenakan hijab.

“Kepala saya terbentur dengan gitar Cella. Darah mengucur deras di bagian kepala hampir mengenai mata, beberapa inci meleset mungkin saya buta. Kejadian malam itu kami justru banyak introspeksi, kami jadi makin rukun, Kotak makin dewasa menyikapi banyak hal. Lalu saya memutuskan umrah dan tetap mengenakan hijab sepulang dari Tanah Suci,” ujar Tantri.

Dari kejadian itu, Kotak akhirnya merilis sebuah lagu berjudul Masih Ada yang bercerita tentang kegundahan dan penebusan. Lebih lanjut, Tantri mengatakan bahwa saat ini dirinya bersama Kotak sedang sibuk menyelesaikan proyek album musik terbaru. Selain itu, juga tentu sibuk mengurus keluarga tercintanya.

“(Sibuk dengan) tugas menyenangkan lainnya yaitu mengurus anak tercinta, banyakin di rumah karena disindir sang suami sampai dibikinin lagu judulnya Pulang Adalah Tujuan (sibuk boleh tapi jangan lupa keluarga),” kata Tantri.

3.Mulan Jameela

Selama ini, penyanyi Mulan Jameela terkenal dengan imej seksi. Bahkan saking seksinya, wanita kelahiran Garut itu sempat merilis lagu dengan judul Makhluk Tuhan Paling Seksi.

Seiring berjalannya waktu, saat ini istri dari musisi Ahmad Dhani itu telah mantap mengenakan hijab dan menutup tubuhnya dengan busana muslim saat tampil di banyak acara.

Mulan mengatakan bahwa sebenarnya, niat memakai kerudung sudah ada sejak lama. Namun karena berpikir panjang, niat baiknya itu baru terwujud di tahun 2018 lalu.

“Niat pengin pakai kerudung sudah lama ya, cuma kayak masih on off, masih kayak ragu-ragu,” ujar Mulan di kawasan Senayan, Jakarta Pusat beberapa waktu yang lalu.

Akhirnya keinginan Mulan untuk mengenakan hijab pun terjadi pada saat ia pulang dari Palestina pada 2018 lalu. Wanita kelahiran 39 tahun itu mengaku bahwa pintu hatinya terketuk saat berada di Palestina.

“Sebetulnya pas kemarin pulang dari Palestina itu sudah pengin langsung pakai gitu ya. Karena ngerasa kayak selama sembilan hari di sana, enak aja nyaman, tenang gitu,” katanya.

Setelah mengenakan hijab, Mulan mengaku tidak pernah takut kehilangan pekerjaan. Wanita cantik itu merasa tidak pernah takut dengan segala macam urusan dunia. Baginya rezeki sudah ada yang mengatur.

“Kalau aku sih enggak pernah takut ya segala urusan duniawi itu sudah ada yang mengatur. Sekarang mungkin memang jalannya harus mengorbankan sesuatu, secara finansial berkurang ya, kita serahkan semua pada Allah. Rezekinya Allah yang mengatur,” ujar Mulan.

Lebih lanjut, Mulan juga mengatakan bahwa dirinya akan melelang baju-baju seksi yang kerap ia gunakan saat manggung. “Banyak banget baju-baju nyanyi yang ngetat di badan, kayaknya enggak mungkin dipakai lagi. Teman aku sih ngajak dilelang,” katanya.

4.Kartika Putri

Kartika Putri mantap mengenakan hijab sekitar awal 2018 lalu. Sebelumnya Kartika terkenal sebagai artis yang sering mengenakan pakaian seksi dan memamerkan bentuk tubuh indahnya.

Saat ini, kesan seksi Kartika pun sudah berubah dengan busana muslim dan hijab yang menutup auratnya. Dibutuhkan perjuangan dan pemikiran berat Kartika hingga akhirnya mengenakan hijab.

"Sudah lama sebenarnya, setahun yang lalu tuh pengin berhijab. Sempat datang ke pengajian juga, aku paling rapi pakaiannya, kerudungnya juga syar'i, tetapi belum peka juga,” ucap Kartika beberapa waktu yang lalu.

Sampai akhirnya artis kelahiran Palembang itu mengalami mimpi buruk yang mengubah total kahidupannya. Kartika bermimpi telah mati sekitar bulan Januari tahun 2018 lalu.

“Sampai akhirnya (bulan) Januari awal, tahun baru, aku mimpi aku disalatin, dingajiin sama mama, kondisinya aku jadi mayit di situ. Aku enggak terima, aku enggak mau mati dulu, aku enggak mau," ujar Kartika dengan penuh rasa haru.

Sejak mimpi tersebut, Kartika merasa hidupnya tidak pernah bahagia. Kartika mengaku selalu merasa resah dan menangis ketika salat. Ketika berada bersama keluarga dan para penggemarnya pun Kartika tidak merasa bahagia.

“Bangun tidur jantung berdebar-debar, dari bulan Januari jantungku enggak berhenti berdebar, sampai aku ulang tahun, aku enggak happy. Saat semua orang kumpul, keluarga aku kumpul, fans aku kumpul, tapi kok ada yang enggak bahagia di diri aku, aku enggak tahu apa. Pas pulang (ke rumah) aku salat, nangis, resah, terus tiba-tiba enggak tahu ada angin apa pokoknya (melakukan) taubatan nasuha," ujar Kartika.

Sejak saat itu wanita kelahiran 28 tahun silam tersebut mantap mengenakan hijab. Kartika pun menghapus foto-foto seksinya di Instagram karena takut hal itu akan menjadi dosa untuknya meski nanti ia sudah meninggal dunia.

“Baru sadar juga ada dosa zariyah. Kalau seandainya kita meninggal, biasanya terus-terusan ngalir (dosanya). Salah satunya foto-foto kita yang kelihatan auratnya. Di situ sih ketakutan. Makanya mulai dari situ tanggal 5 (Januari) aku mulai hapusin foto-foto aku yang ada di bawah (akun Instagram). Paling aku sisain 15 foto (tanpa hijab) saja," katanya bercerita.

5.Deddy Corbuzier

Resmi menjadi seorang mualaf pada Jumat, 21 Juni 2019 lalu. Mantan mentalis yang kini lebih aktif sebagai kreator konten ini pun sangat terbuka soal keputusannya menjadi seorang muslim. Sebenarnya, keinginan Deddy untuk memeluk agama Islam telah direncanakan sejak lama. Tepatnya sekitar 6-7 bulan lalu.

“Saya belajar agama Islam sudah bertahun-tahun sebenarnya, dan sebenarnya saya mualaf inginnya jauh sebelum tanggal 21 (Juni) kemarin,” kata Deddy Corbuzier seperti dilihat VIVA dalam video terbaru yang diunggah di channel YouTube miliknya pada Rabu, 26 Juni 2019.

Namun, dengan berat hati, pria 42 tahun itu mengurungkan niatnya dan memilih menunda keputusannya untuk menjadi mualaf. Deddy mengatakan bahwa kala itu, situasi politik Tanah Air sedang memanas. Mantan suami Kalina Ocktaranny itu takut keadaan mualafnya dapat menjadi boomerang dan justru menyeretnya ke dalam permainan politik.

“Kita tahu, pada saat kemarin Pilpres bagaimana panasnya dan bagaimana agama dimasukkan ke dalam nuansa politik. Itu yang saya hindari,” katanya.

Maka dari itu, Deddy memutuskan untuk mengucap dua kalimat syahadat ketika kondisi Indonesia dan sekitarnya menjadi lebih tenang, “Oleh karena itu, setelah politik sudah selesai, sudah adem dan tenang, baru saya yakin mengumumkan, baru saya yakin, saya mualaf dalam keadaan yang jauh lebih tenang,” ujarnya.

Kilas balik, Deddy sempat berbincang dengan guru spiritualnya, Gus Miftah soal keputusannya memeluk agama Islam. Presenter tersebut menanyakan terkait penampilannya. Deddy merasa, setelah menjadi seorang muslim, ia harus lebih memperhatikan pakaian yang dikenakan agar tidak melanggar syariat-syariat Islam.

“Saya ngobrol sama Gus, ‘Gus ketika saya berubah menjadi seorang muslim, bisa enggak kalau saya tidak mengubah apapun itu selain kepercayaan dan iman saya’. Terus saya nanya ‘Pakaian gimana nih Gus. Gue enggak punya pakaian muslim. Apa saya harus beli dulu’. Tapi kalau kata Gus Miftah tadi, ‘Elu mau pake apa aja terserah, yang penting nutup aurat’,” kata Deddy beberapa waktu lalu.

Mendengar jawaban Gus Miftah, kini Deddy masih berpenampilan seperti biasanya dengan pakaian serba hitam. Hal tersebut terlihat dari unggahan video serta foto yang ia bagikan lewat akun media sosialnya. 

Keputusan Deddy untuk menjadi mualaf datang dari dirinya sendiri, tanpa ada paksaan dari siapapun. Beberapa waktu lalu, Deddy sempat menceritakan sebuah kejadian yang membuatnya menganggap Islam adalah agama yang indah. Pada bulan Ramadan, ia tersentuh melihat perilaku Gus Miftah yang membawakan makanan untuk Deddy. Padahal, kala itu Deddy masih non-muslim. 

“Gus (Miftah) enggak ada kata-kata ‘Masuk Islam yuk’ enggak ada sama sekali. Orang pas lagi puasa aja kemarin, Gus datang ke rumah saya bawain saya makanan. Nah itu kan indah ya. Indah, sementara kalau kita lihat di maaf nih, misalnya warung yang buka dibredel. Ii seorang Kiai bisa datang bawa makanan bagi yang non Islam. Kan itu harusnya yang terjadi. Itu sih saya ngeliat sebenarnya indah selama pelakunya baik, sangat indah,” kata Deddy. (hd)