Tren Mendandani Tubuh

Ilustrasi makeup/riasan/kosmetik.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Model dan bintang reality show Keeping Up With The Kardashians (KUWTK), Kim Kardashian baru saja meluncurkan lini produk makeup-nya yang terbaru di bawah merek kosmetik miliknya, Kim Kardashian West (KKW) Beauty pada 21 Juni 2019. Menariknya, kali ini makeup yang ia tawarkan bukan diperuntukkan bagi wajah, melainkan tubuh.

Dinamakan KKW Beauty Body Collection, rangkaian produk makeup tubuh ini terdiri atas tiga jenis, yaitu Body Foundation, Liquid Shimmers, dan Powder Shimmers. Ketiganya hadir dengan ragam warna yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi kulit dan kebutuhan, mulai dari warna-warna terang hingga gelap.

Melalui akun Instagram pribadinya, @kimkardashian, istri penyanyi Kanye West itu mengungkapkan bahwa ia menggunakan seluruh produk tersebut, baik secara terpisah maupun dikombinasikan, tergantung look yang ingin ia tampilkan.

Kim juga turut menunjukkan cara pemakaian produk-produk terbarunya melalui foto dan video. Menurut ibu empat anak itu, ia sering menggunakan body makeup di seluruh kakinya untuk menutupi bekas luka psoriasis yang telah ia derita bertahun-tahun lamanya.

"Saya tak selalu memakai shimmer di kaki. Saya menggunakannya ketika ingin menyempurnakan skin tone atau menutupi psoriasis saya," tulis Kim di keterangan foto.

Kulit yang mudah memiliki bekas luka serta pembuluh darah yang menonjol membuat tampilan kaki Kim kurang sempurna. Ia pun mengungkapkan, body makeup telah menjadi rahasia kesempurnaan kaki dan bagian tubuhnya yang lain saat harus tampil di hadapan publik.

"Ini telah menjadi rahasia saya selama lebih dari satu dekade. Saya telah belajar untuk menerima dan tidak merasa kecil hati karena psoriasis yang saya derita, namun untuk hari-hari di mana saya ingin menutupinya, saya menggunakan body makeup ini," ujar Kim.

Nenek Kim, MJ, turut menjadi model untuk mempromosikan produk makeup itu. Kim ingin menunjukkan bahwa body makeup juga bisa digunakan di bagian tubuh yang lain, seperti tangan, punggung, dan dada.

Kim memakaikan produknya pada tangan sang nenek untuk menutupi pembuluh darah yang menonjol (varises), serta kulit tangan yang sudah menipis serta kendur karena penuaan. Tangan neneknya pun terlihat lebih sehat dan seperti tangan wanita muda.

Ya, body makeup memang dirancang untuk menutupi ketidaksempurnaan yang ada di tubuh Anda, mulai dari bekas luka, varises, pori-pori yang membesar dan berwarna kehitaman, warna kulit yang tidak rata, kerutan hingga selulit. Namun, banyak orang yang tampaknya tidak sependapat dengan Kim.

Menurut mereka, produk makeup ini sebenarnya tidak diperlukan. Bahkan banyak yang merasa bahwa ini hanya akan membuat para wanita semakin tidak percaya diri dan terbebani untuk tampil sempurna di depan publik.

"Ini mungkin akan menjadi tren baru atau malah kontroversi karena menyuruh wanita 'mengoreksi' seluruh tubuhnya," kata seorang warganet.

"Body foundation tampaknya terlalu berlebihan. Saya setuju adanya shimmer dan glitter, namun koreksi warna atau tone? Ini akan menambah beban wanita untuk membuat mereka terlihat di-airbrushed sepanjang saat," ucap warganet.

"Di pikiran saya, ini cuma akan membuat orang semakin tidak percaya diri tentang bekas luka atau warna kulit yang tidak rata. Saya rasa bukan penata rias profesional yang menjadi target konsumennya, melainkan anak remaja labil yang ingin terlihat seperti dia (Kim)," tulis yang lain.

Sudah Ada Sejak Lama

Makeup Artist (MUA) Indonesia, Philips Kwok mengatakan bahwa sebenarnya body makeup sudah ada sejak dulu, termasuk di Indonesia. Contohnya saat pesta pernikahan, di mana bagian tangan, leher, punggung, bahu dan dada pengantin wanita umumnya diberi foundation dan bedak agar terlihat lebih sempurna.

"Waktu merias pengantin, banyak yang selalu minta lehernya dibedaki. Bagian dada dan tangan juga. Baik pengantin internasional maupun daerah. Malah kalau pengantin zaman dulu pakai perawatan lulur untuk membantu dasar kulit lebih terlihat kuning langsat dan menjadi lebih bagus. Setelahnya menggunakan body makeup atau bedak tabur," ucap Philips saat dihubungi VIVA baru-baru ini.

Philips menambahkan, para selebritas Tanah Air juga banyak yang telah lama menggunakan body makeup untuk kebutuhan syuting, manggung, pemotretan, dan momen-momen penting dalam karier mereka.

Senada dengan Philips, Makeup Artist kondang lainnya, Ryan Ogilvy juga mengatakan bahwa body makeup sudah lama eksis dalam dunia tata rias profesional. Ia mengungkapkan, sering menggunakan body makeup untuk merias model-modelnya selama ini. Alasannya, tentu saja untuk menutup ketidaksempurnaan kulit atau bagian tubuh mereka.

"Sebenarnya ini sudah lama aku gunakan untuk kebutuhan kamera dan lighting. Aku biasanya gunakan beberapa produk (makeup) untuk menutupi bekas luka, tato, dan ini sudah lama (dilakukan)," kata Ryan.

Ryan mengatakan, sebelum Kim Kardashian meluncurkan produk body makeup, deretan merek kosmetik kelas dunia lainnya sudah lebih dulu melakukannya. Sebut saja Make Up Forever, Dior, Victoria's Secret, Body Shop, dan masih banyak lagi.

"Zaman aku sekolah makeup, aku sudah punya (produk body makeup). Cuma karena Kim yang keluarkan, orang-orang into banget dengan produk ini," tambah Ryan.

Bahkan tak hanya wanita, menurut Ryan, tak sedikit pula kaum adam yang menggunakan body makeup khusus di momen-momen tertentu. Tentu saja kebanyakan dari mereka adalah selebritas maupun figur publik. Para MUA biasanya mengaplikasikan body makeup di bagian perut klien pria untuk memperjelas otot dan six packs mereka.

Perlu atau Tidak?

Pertanyaannya sekarang, perlukah menggunakan body makeup? Jawabannya tergantung kebutuhan. Mereka yang memang dituntut untuk tampil sempurna di setiap kesempatan terutama di depan kamera, seperti para selebritas, tentu saja membutuhkannya.

Begitu pula jika Anda memiliki kekurangan di bagian tubuh dan kulit, dan Anda ingin menutupinya agar lebih percaya diri dengan penampilan. Hal ini diungkapkan oleh Philips dan Ryan.

Namun, sebenarnya tak melulu harus menggunakan produk khusus body makeup. Sebagai contoh, untuk pemotretan, kata Philips, bisa menggunakan minyak seperti virgin coconut oil agar kulit terlihat sehat dan glowing. Minyak juga aman dan nodanya mudah dihilangkan jika terkena baju yang dipakai.

"Kalau buat pesta bisa campur antara sunblock atau lotion, lalu shimmering powder dan sedikit foundation. Kalau buat stage bisa campur glitter, shimmer powder, tambah sedikit foundation dan juga lotion atau sunblock," ujar Philips.

Philips mengaku, memang tidak pernah menggunakan produk khusus body makeup untuk merias klien-kliennya. Ia mengatakan, pada dasarnya body makeup dan makeup biasa untuk wajah sama saja. Apalagi shimmer yang efeknya merefleksikan warna, sehingga biasa meng-cover kulit tanpa terlihat tebal.

"Aku selalu menggunakan body makeup walaupun tidak membeli produk khusus. Campur-mencampur (produk) lebih asyik," katanya.

Sementara itu, Ryan berpendapat, body makeup penting karena kondisi tubuh wanita yang berbeda-beda. Tentu, para wanita ingin selalu tampil maksimal dan percaya diri.

"Penting untuk kebutuhan khusus. Seperti klien aku, untuk kebutuhan red carpet karena kulitnya dia belang karena berjemur. Dia pakai gaun model kemben, jadi aku pakaikan. Atau ketika ada bekas luka di kaki ketika pakai rok pendek. Ini (body makeup) dibutuhkan untuk menutupi itu," ujarnya.

Ia lantas berbagi tips bagi Anda yang ingin menggunakan produk makeup biasa untuk bagian tubuh lain selain wajah. Menurutnya, produk makeup biasa bisa Anda gunakan tergantung formulanya. Pastikan Anda pilih produk yang coverage dan anti air.

"Enggak semua foundation sama. Begitu juga bedak. Enggak semua bisa digunakan untuk body makeup," ucapnya. (art)