Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 1 Agustus 2019 | 06:21 WIB

Mainan Baru Pasukan Elite TNI

Team VIVA »
Siti Ruqoyah
Adinda Purnama Rachmani
Lilis Khalisotussurur
Foto :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Komandan Koopssus Brigjen Rochadi

VIVA – Pasukan pembasmi teroris ditambah. Kali ini datangnya dari pasukan elite TNI. Pasukan khusus ini berasal dari tiga matra TNI, yakni Kopassus, Kopaska, dan Paskhas. Peresmian pasukan ini langsung dilakukan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Selasa 30 Juli 2019 di Mabes TNI. Tim ini diberi nama Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Indonesia (Koopssus TNI).

Komandan Koopssus dijabat oleh Brigjen Rochadi. Panglima tak sembarangan pilih orang. Rochadi dianggap paling pas berada di posisi itu lantaran punya pengalaman yang begitu banyak dalam bidang intelijen. Rochadi pun tercatat pernah menjadi Direktur A Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI sejak bulan November 2018 sampai Juli 2019. Selain itu, Dalam kariernya, Rochadi mengalami banyak penugasan selama di Kopassus.

Baca Juga

Panglima memastikan, dengan adanya Koopssus, bisa menambah kuat keamanan negara dari serangan teroris. Namun, pembentukan pasukan ini dikritik. Penyebabnya karena sudah banyaknya pasukan tertentu, seperti Densus Antiteror88 Polri dan juga BNPT. Pengamat militer dari Universitas Kristen Indonesia, Sidratahta Mukhtar menilai, peran Koopssus belum terlalu diperlukan.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Mengenal Koopssus, Pasukan Elite Gabungan TNI
BERITA - 11 bulan lalu