Ada Rambut Halus pada Ban Baru, Ini Fungsinya

Ban Hankook
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Saat membeli ban mobil, konsumen bisa melihat adanya karet yang mirip seperti rambut halus. Posisinya ada di bagian dinding ban, serta di alur telapak ban.

Menurut Public Relations and Plant Management Team PT Hankook Tire Indonesia, Ade Mahendra, rambut karet tersebut muncul saat ban diproduksi.

"Waktu proses produksi ban, saat ban dimatangkan, ada udara yang terperangkap di dalam. Nah, rambut-rambut itu sebenarnya saringan pembuangan udaranya. Begitu angin keluar dari ban, karet akan keluar jadi mirip rambut," kata Ade di Cikarang, Jawa Barat, Rabu 11 Juli 2018.

Produsen ban, kata dia, biasanya memangkas karet halus yang ada dipermukaan telapak ban. Karena, karet-karet halus tersebut bisa mengganggu kestabilan saat ban sudah dipasang pada mobil.

"Harus dihilangkan, karena keseimbangannya nanti enggak bagus ya. Ada proses pengguntingan rambut halus tersebut, sebelum ban siap diedarkan. Biasanya, yang digunting yang bagian kembangannya saja, yang di pinggir tetap dibiarkan," tuturnya.

Sekadar informasi, Hankook memiliki dua fasilitas produksi ban di Cikarang, dengan total luas area 60 hektare. Senior Manager Corporate Management Team Hankook Tire Indonesia, Hyon Young Seop mengatakan, ada delapan pabrik untuk memproduksi ban secara global, dan Indonesia menjadi negara ke-7.

Ban yang diproduksi di Indonesia, kata dia, bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik, tetapi juga ekspor. Data dari Hankook Indonesia memperlihatkan, 92 persen ban yang di produksi di Cikarang untuk kebutuhan luar negeri, sementara delapan persen sisanya untuk pasar lokal.

"Diekspor ke negara Kawasan Timur Tengah, Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, dan Asia Tenggara,” ungkap Hyon.