Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Sabtu, 1 September 2018 | 09:58 WIB

IAM 2018 di Makassar Siap Pamerkan Lebih Dari 120 Mobil Modifikasi

Team VIVA »
Dwi ereline Amelia
Foto :
Indonesia Automodified 2018.

VIVA – Sepanjang tahun 2017, Indonesia Automodified (IAM) yang diselenggarakan HIN Promosindo kembali membuktikan diri sebagai tolak ukur seri pameran dan kompetisi mobil modifikasi terbesar dan terluas di tanah air. Setelah sebelumnya juga sukses menghadirkan total lebih dari 3000 peserta kompetisi mobil modifikasi di 21 seri penyelenggaraan IAM.

Kembali ke kota Makassar di tahun 2018 dengan menempati venue baru, gelaran ke-11 dari total 17 seri pameran dan kompetisi mobil modifikasi Automodified di Indonesia akan hadir di Celebes Convention Center, Sabtu (01/09) – Minggu (02/09) akhir pekan ini.

Sebanyak lebih dari 120 mobil modifikasi terbaik di kota Makassar dan sekitarnya akan tampil di IAM Makassar tahun ini di tahun 2018 sebagai perorangan maupun klub dan workshop, diantaranya Upholders, BMWCCI, Aulia Garage, Freedom, Cyber Speed Indonesia, Othems, Smoopy Autoclub, Modal Dongrak, dan masih banyak lagi.

Selain para modifikator, IAM Makassar 2018 juga mendapat dukungan dari berbagai brand otomotif maupun lifestyle, diantaranya Astra Daihatsu Motor, Autovision Automotive Lighting, Car Audio Network, Sosro, Cleo dan lain-lain.

Baca Juga

Sistem Kompetisi Baru: Players/Tuners

Kompetisi modifikasi yang memperebutkan lebih dari 150 awards/trofi bergengsi tetap menjadi hal yang utama dari IAM, disamping memamerkan mobil-mobil modifikasi terbaik maupun produk-produk aftermarket dan lifestyle otomotif di tiap serinya. Penilaian atas modifikasi didasarkan kualitas dan kelengkapan modifikasi pada 8 sektor yang meliputi Overall Build, Exterior, Paint, Engine, Undercarriage, Interior, Car Audio&Video, serta Presentation.

Di tahun ini, sebagian besar penghargaan (awards) utama, termasuk gelar King of Automodified, akan dibagi dalam kelas Players dan Tuners. Kelas Players dimaksudkan bagi mobil-mobil yang dimodifikasi lebih ekstensif dan mayoritas diperuntukkan untuk dipertandingkan dalam kompetisi mobil modifikasi daripada digunakan harian. Di kelas ini, tidak terdapat batasan terhadap sektor mana yang boleh dimodifikasi kecuali pada batasan yang terdapat dalam peraturan umum IAM di tahun ini, seperti tidak diperbolehkannya untuk melakukan perubahan pada jumlah, maupun jarak sumbu roda.

Terpopuler

Bersanding dengan kelas Players, kelas Tuners dimaksudkan bagi mobil-mobil dengan modifikasi non-ekstrim dan masih terbilang fungsional untuk digunakan sehari-hari. Pada kelas ini, terdapat beberapa batasan teknis yang tidak boleh dilanggar bila kompetitor bermaksud untuk berkompetisi di kelas ini, diantaranya tidak diperbolehkannya body conversion alias mengubah bentuk asli mobil, menghilangkan pilar-pilar struktur pada mobil, modifikasi pada bukaan engsel pintu dan bagasi, serta penggunaan sistem motorized.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, mobil-mobil yang berhasil meraih awards akan meraih poin ELITE, yang merupakan pengumpulan poin bersistem klasemen (championship). ELITE point bersifat akumulatif dari 17 seri penyelenggaraan IAM di Indonesia.

Daihatsu Dress-Up Challenge (DDC) 2018

Diselengggarakan bersamaan dengan IAM 2018 dan tidak terkecuali kota Bandung, akan diselenggarakan pula kompetisi satu merek Daihatsu Dress-up Challenge (DDC) yang merupakan kompetisi satu merek terbesar di Indonesia. DDC terbuka bagi semua mobil Daihatsu yang dikeluarkan oleh Astra Daihatsu Motor tanpa dibatasi jenis maupun tahun pembuatannya, untuk memperebutkan total hadiah sepanjang tahun 2018 senilai 166 Juta Rupiah.

Autovision Autolight 2018

Merek automotive lighting Autovision juga mengadakan AUTOVISION AUTOLIGHTUP 2018 untuk memilih 2 mobil dengan modifikasi pencahayaan yang menggunakan produk Autovision terbaik. Melalui kompetisi ini, Autovision memberikan kesempatan sekaligus tantangan kepada para modifikator untuk menjadikan produk lampu sebagai salah satu sektor modifikasi, baik melalui peningkatan kondisi awal maupun penambahan (add-on), dengan tujuan mencapai peningkatkan tampilan kendaraan menjadi lebih berkelas dan memiliki ciri khas tersendiri.

Ada dua kelas kategori yang dipertandingkan, yaitu Autovision 1Eighty sebagai kategori tingkat lanjutan dengan penerapan produk dengan ubahan sebagian maupun menyeluruh dari rumah lampu depan dan belakang kendaraan, dan juga kategori Autovision Enthusiast yang merupakan kategori pemula, dengan penerapan produk tanpa banyak ubahan dari rumah lampu depan dan belakang kendaraan.

Pemenang pertama Autovision 1Eighty berhak atas Trophy dan uang tunai sebesar Rp3.000.000, atau Rp2.000.000 untuk posisi Runner-up, sementara pemenang kelas Autovision Enthusiast akan mendapatkan Trophy dan produk JumpStarter Autovision, atau Trophy dan produk 4 ini 1 Mini preset compressor + vacum cleaner Autovision untuk pemenang kedua.

Seri Indonesia Automodified dan International Automodified pada tahun ini selain diselenggarakan di Jakarta dan Makassar juga dibeberapa kota-kota lainnya di Indonesia. Daftar lengkap penyelenggaraan IAM 2018 ini bisa dilihat di website resmi mereka http://iamautomodified.com.
 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Rakyat Bumilangit, Zara JKT48 dan Virgo di Comic Con 2019
SHOWBIZ - 9 jam lalu