Makin Banyak Orang Indonesia yang Beli Mobil Bayar Tunai

Diskon besar Toyota di GIIAS 2018
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Untuk mendapatkan mobil impian, ada dua cara yang bisa dilakukan konsumen. Jika memiliki dana yang cukup, maka hanya perlu datang ke diler dan membayar secara tunai.

Namun jika kondisi keuangan masih pas-pasan, maka jalan satu-satunya memiliki kendaraan adalah dengan membeli dengan sistem kredit.

Saat ini, semakin banyak perusahaan pembiayaan yang menawarkan jasa mereka di bidang otomotif. Paket yang ditawarkan pun beragam, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan pembayaran.

Meski tren penjualan kendaraan secara kredit mendominasi di Indonesia, namun ternyata tidak sedikit pula konsumen yang melakukan transaksi secara tunai.

Bahkan, menurut Chief Marketing Officer Retail Business Asuransi Astra, Gunawan Salim, konsumen yang membayar secara tunai meningkat jumlahnya.

“Penjualan otomotif lagi bagus. Asuransi kalo pembelian tunai ada peningkatan 5-6 persen dari tahun lalu,” ujarnya di Jakarta, Rabu 17 Oktober 2018.

Meski demikian, ia mengaku bahwa jumlah asuransi yang masuk melalui kredit kendaraan masih lebih banyak dari tunai.

“Kalo tunai itu ya kira-kira 10 persen (dari total jumlah asuransi yang masuk),” tuturnya.

Sebagai informasi, Asuransi Astra tidak hanya menawarkan jasa pembiayaan untuk produk otomotif saja. Mereka baru saja meluncurkan produk berbasis digital baru, yakni Happyone.id.

Produk tersebut menawarkan beberapa layanan asuransi, seperti HappyMe untuk kecelakaan diri, HappyEdu yang berkaitan dengan pendidikan dan HappyTrip yang merupakan asuransi perjalanan.