Tukang Mabuk Bakal Sebal dengan Teknologi Huawei di Mobil Ini

Ilustrasi sistem pendeteksi pengemudi mabuk.
Sumber :
  • Carscoops

VIVA – Seiring berkembangnya teknologi, sistem keamanan kendaraan terus alami peningkatan. Banyak perangkat mutakhir yang mulai diperkenalkan. Salah satu yang terbaru, alat pendeteksi mabuk.

Belum lama ini, raksasa teknologi asal China, Huawei, mengenalkan sistem yang akan memanggil polisi ketika terdeteksi pengendara mabuk di dalam mobil.

Sebuah laporan yang dikutip dari National Post, Kamis 14 Februari 2019 menyatakan, produsen gawai itu sudah mengajukan hak paten ke European Patent Office pada pertengahan bulan lalu. Hal ini seakan menunjukkan kesungguhan Huawai, dalam penggarapan sistem berbasis digital ini.

Nantinya, sistem akan memanfaatkan sensor kamera dalam pengoperasiannya, dan mengintegrasikan profil pengendara berdasarkan wajah, gerak tubuh serta ucapan.

Selain itu, menurut pengakuan juru bicara Huawai, sensor juga akan mengenali benda-benda mencurigakan, seperti alkohol dan obat-obatan. Ketika terdeteksi bahaya, sistem secara otomatis akan mengirim sinyal ke nomor kepolisian.

Belum jelas, kapan tepatnya teknologi ini diluncurkan. Namun menurut sumber yang sama, sebelum sistem ini digunakan secara bebas, Huawei diharapkan melakukan sosialisasi terlebih dahulu dengan pemerintah setempat. (yns)