Airbag Unik untuk Motor, Pengendara Dibungkus Layaknya Kepompong

Ilustrasi airbag untuk sepeda motor
Sumber :
  • Rideapart

VIVA – Lazimnya, kantong udara atau airbag hadir di kendaraan roda empat. Hadirnya perangkat ini, membuat persentase keselamatan meningkat. Namun, bagaimana jadinya bila alat pengaman tersebut juga hadir di kendaraan bermotor?

Sebenarnya, sudah beberapa kali perusahaan aksesori motor mencoba menanamkan airbag pada pakaian pengendara. Tapi, hingga kini hal itu belum berhasil. Kurangnya rasa nyaman, menjadi alasan mengapa perangkat tersebut dihentikan produksinya.

Mengatasi hal itu, baru-baru ini sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang keselamatan berkendara, memerlihatan ide mereka tentang airbag untuk pengendara motor.

Konsep yang diberi nama Airbagforbike ini terinspirasi dari kursi pelontar di pesawat tempur. Nantinya, airbag akan tersimpan di dalam jok sepeda motor. Sehingga, tidak mengganggu kenyamanan pengendara.

Uniknya, konsep ini menyiapkan perlindungan menyeluruh, dari kepala sampai kaki. Sepintas, wujudnya menyerupai kepompong.

Dilansir dari Rideapart, Jumat 15 Februari 2019, sistem bekerja dengan menggunakan sensor giroskop sebagai penghitung daya benturan. Jika diperlukan, sistem akan membungkus pengendara dengan kantung udara

Sejauh ini, belum ada keterangan pasti mengenai jadwal peluncuran perangkat. Melihat konsep yang sudah tersebar di banyak media, agaknya tak perlu waktu lama lagi menantikan peluncuran Airbagforbike ini.