Model Baru Avanza Jadi Mobil Terlaris Toyota Selama IIMS 2019

Booth Avanza di IIMS 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosef Mali

VIVA – Toyota masuk ke jajaran merek otomotif yang memajang produk di Indonesia International Motor Show 2019.

Pada pameran tahunan ini, PT Toyota Astra Motor sebagai agen resminya memajang berbagai model kendaraan, mulai dari yang bermesin konvensional sampai mobil yang mengusung teknologi hibrida atau memiliki dua jantung penggerak.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto, mengaku sudah mengantongi lebih dari 3 ribu surat pemesanan kendaraan (SPK) selama delapan hari diselenggarakannya pameran.

"Jumlah SPK kami sejak 26 April sampai dengan 3 Mei 2019, atau hitungan delapan hari pameran itu, 3.098 unit," kata Soerjo di Jakarta, Minggu 5 Mei 2019.

Data dari TAM memperlihatkan, mobil keluarga atau multi purpose vehicle terlihat masih mendominasi selama pameran.

Pemesanan MPV mencapai 61 persen dari SPK tersebut, sementara mobil jenis sport utility vehicle (SUV) sebanyak 30 persen, dan sisanya dari jenis kendaraan Toyota lain seperti sedan dan hatchback.

Selama berlangsungnya pameran, kata Soerjo, ada lima produk yang paling banyak dipesan konsumen, yakni Avanza sebanyak 851 unit, lalu low SUV Rush DI angka 651 unit, Innova 452 unit, Calya tercatat 403 unit, dan medium SUV Fortuner 206 unit.

"Jika dibandingkan dengan tahun lalu, maka SPK ini mengalami peningkatan sekitar 16 persen. Tahun lalu, hitungan 7 hari pameran SPK hanya 647 unit, sedangkan sekarang jumlahnya di hari yang sama itu 1.166 unit," ujar Soerjo.