Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 10 Juni 2019 | 18:23 WIB

Ternyata, Ini Alasan Wiper Depan Mobil Berbeda Panjangnya

Team VIVA »
Krisna Wicaksono
Foto :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id
Wiper mobil. Foto ilustrasi.

VIVA – Perancang mobil memiliki solusi, agar pengemudi tidak kesusahan saat melaju di tengah guyuran hujan. Mereka memasang peranti yang dapat menghalau semua air di kaca depan.

Pengoperasiannya sangat mudah, cukup putar tombol penghapus kaca atau wiper. Dua besi yang ada di depan kaca akan bergerak membentuk gerakan menyapu, sehingga pandangan bisa jelas ke depan.

Baca Juga

Peranti itu memang sudah umum diketahui orang. Namun, tahukah Anda mengapa ukuran karet wiper pada kaca depan berbeda antara kiri dan kanan?

Pada mobil yang memiliki setir di kanan, maka panjang karet wiper di sisi pengemudi lebih panjang dari sisi kiri. Begitu juga sebaliknya, lebih panjang sisi kiri pada mobil yang setirnya ada di kiri.

Terpopuler

Dilansir dari Thenewswheel, Senin 10 Juni 2019, perbedaan ukuran panjang karet memang disengaja. Tujuannya, agar karet dapat semaksimal mungkin menyapu seluruh permukaan kaca.

Jika Anda perhatikan, titik pusat besi wiper yang sisinya lebih panjang tidak berada di tengah, melainkan dekat dengan ujung kaca. Hal itu dilakukan, agar daya jangkau sapuannya bisa efektif, yakni dari mendatar hingga tegak lurus.

Sapuan yang lebih luas, dibutuhkan oleh pengemudi, agar pandangannya tidak terganggu. Itu sebabnya, Anda harus membeli karet dengan ukuran yang berbeda, jika ingin mengganti wiper.

Sebagai informasi, beberapa produsen menggunakan model wiper yang hanya memakai satu besi saja. Sayangnya, ada sudut kaca bagian atas yang tidak bisa dibersihkan dengan cara ini. Selain, wiper juga harus bergerak lebih cepat saat hujan deras, karena bidang yang harus diseka lebih luas.

Laporan Chalilka Putra/Jakarta

Topik Terkait
Saksikan Juga
Gubernur Anies Hadiri Hari Terakhir Perayaan Lebaran Betawi
TVONE NEWS - 5 jam lalu