Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 12 Juni 2019 | 15:06 WIB

Segini Ukuran Alat Pemadam Api yang Cocok untuk Mobil

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Foto :
  • Toyota
Alat pemadam api ringan atau APAR

VIVA – Kebakaran tidak hanya terjadi pada bangunan saja, namun juga benda bergerak seperti kendaraan bermotor. Listrik dan api yang menjadi sumber tenaga, bisa saja menjadi pemicunya.

Perawatan yang tidak dilakukan secara berkala, berpotensi menimbulkan kerusakan pada komponen mesin. Pemasangan aksesori yang membutuhkan arus listrik dan jumlahnya banyak, juga bisa menjadi penyebab munculnya api.

Baca Juga

Bahkan, air radiator yang bocor juga bisa membuat suhu mesin panas secara berlebihan. Akibatnya, pelumas akan keluar dari sela-sela mesin dan menetes pada komponen yang terbuat dari bahan plastik, dan kemudian membakar bahan tersebut.

Api bisa dengan cepat melalap semua bagian mobil, terutama yang rentan terpapar panas. Untuk mencegah si jago merah cepat menyebar, disarankan pemilik mobil meletakkan alat pemadam api ringan atau APAR.

Terpopuler

“Untuk di mobil, sebaiknya disediakan. Karena, beberapa potensi kebakaran akan terjadi. APAR untuk mobil, cukup yang berbahan powder,” ujar online sales manager PT Global Mitra Proteksindo, Anwar kepada VIVA di Jakarta, Rabu 12 Juni 2019.

Ia menjelaskan, harga APAR ukuran 1 kg sekitar Rp350 ribu, sedangkan ukuran 500 gram Rp100 ribu. Untuk keperluan area seluas mobil, disarankan membeli yang ukuran besar. “Idealnya ukuran 1 kg,” tuturnya. (kwo)

Laporan Chalilka Putra/Jakarta

Topik Terkait
Saksikan Juga
Bus TransJakarta Terbakar di Depan Pasar Baru
TVONE SPORT - 5 bulan lalu