Ambil Alih Bisnis Mobil KIA, Ini Alasan Indomobil

Diler mobil KIA
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Merek mobil KIA kembali menjadi bahan perbincangan. Mereka diisukan bangkrut dan berhenti beroperasi. Hal ini bisa dilihat, dari beberapa diler yang menyudahi pelayanan kepada pelanggannya.

Bahkan, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Yohannes Nangoi mengatakan, merek ini terakhir ikut pameran otomotif GIIAS pada 2017, dan saat ini statusnya sudah bukan lagi anggota Gaikindo. 

"Mungkin mereka sedang mengalami sedikit turbulensi, sehingga membutuhkan sebuah strategi baru untuk bisa beroperasi lebih baik lagi di Indonesia," ujarnya di Jakarta, Rabu 3 Juli 2019.

Kini, merek otomotif Korea Selatan itu berada dalam bawah naungan PT Indomobil Sukses Internasional. Raksasa otomotif milik Salim Group itu membentuk perusahaan baru, bernama PT Kreta Indo Artha. Mereka tidak sendiri, melainkan bekerja sama dengan PT Sarimitra Kusuma Ekajaya.

Direktur PT Indomobil Sukses Internasional, Bambang Subijanto mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan berbagai persiapan, sebelum menjalankan bisnis otomotif dengan merek KIA di Tanah Air 

"Kami membentuk perusahaan baru, namanya Kreta Indo Artha. Saat ini, kami sedang mengurus perizinan, legalitas, business agreement, dan segala macamnya," tutur Bambang.

Menurutnya, mobil Korea memiliki potensi pasar serta penggemar tersendiri. Sehingga, Indomobil Group cukup percaya diri untuk menggabungkan ke dalam lingkaran bisnis otomotifnya. 

"Mobil Korea itu sesuatu yang potensial di Indonesia. KIA sendiri sudah punya nama. Ketika ditawari, kami tertarik," ungkapnya. (kwo)