Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 18 Juli 2019 | 13:36 WIB

Indonesia akan Ekspor 1 Juta Unit Kendaraan

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Septian Farhan Nurhuda
Foto :
  • TMMIN
Ekspor mobil buatan Toyota Indonesia

VIVA – Industri otomotif Indonesia akan memasuki babak baru. Tahun ini, beberapa perusahaan asing berkomitmen untuk menambah investasi mereka.

Tak hanya itu, ada juga sejumlah produsen mobil yang awalnya hanya berjualan produk, kini berminat untuk membangun pabrik mereka di Tanah Air. Mulai dari negara yang berasal dari Asia, hingga Eropa.

Baca Juga

Tujuan mereka tidak lagi menjadikan Indonesia sebagai pasar, melainkan basis produksi. Artinya, jumlah kendaraan yang bakal diekspor bakal terus bertambah jumlahnya.

Menteri Perindustrian, Arilangga Hartarto, mengatakan dari total produsen yang berkiprah maupun baru mereka sudah berencana untuk mengaspalkan hingga satu juta unit kendaraan setiap tahunnya.

Terpopuler

“Dicanangkan ekspor otomotif sampai 2025 mencapai target satu juta unit kendaraan,” ujar Airlangga saat pembukaan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019, Kamis, 18 Juli 2019.

Dari jumlah itu, sebagian basisnya tidak lagi memakai mesin konvensional, melainkan listrik. Hal itu sejalan dengan rencana Presiden Joko Widodo yang ingin 20 persen kendaraan di Indonesia menggunakan penggerak ramah lingkungan.

“Kendaraan listrik yang paling siap. Beberapa produsen sudah siap, yang non-Jepang juga sudah siap. Targetnya 20 persen di 2025,” tuturnya. (ase)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Pameran Mobil Futuristik Bertenaga Listrik
TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu