Tokoh Otomotif Indonesia, Gunadi Sindhuwinata Tutup Usia

Ing. Gunadi Sindhuwinata, Ketua Umum IATO
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA – Kabar duka datang dari industri otomotif nasional. Mantan Direktur Utama Suzuki Indonesia, Dr Ing Gunadi Sindhuwinata tutup usia di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta, Selasa 3 September 2019.

Sepak terjang Gunadi di dunia otomotif, sudah sangat dikenal oleh para wartawan dan rekan bisnis. Pria lulusan Universitas Stuttgart, Jerman itu pernah memegang beberapa posisi penting di industri kendaraan di Tanah Air.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa 3 September 2019, sebelum kuliah di Jerman, Gunadi sempat mengeyam pendidikan di Institut Teknologi Bandung. Usai lulus dari Kampus Ganesha, ia melanjutkan studi di Jerman, dengan mengambil jurusan mechanical engineering.

Kiprahnya di dunia otomotif nasional, dimulai pada 1992, yakni dengan menjabat sebagai Managing Director PT Suzuki Indomobil Sukses International. Satu dekade kemudian, posisinya naik menjadi direktur utama.

Baca juga: ?Gojek Rasa GoCar, Cara Ekstrem Bikin Nyaman Penumpang

Sembilan tahun menjabat sebagai dirut, kemudian pria yang akrab disapa Pak Kang itu diangkat menjadi direktur komisaris. Pada 2007, ia juga dipilih menjadi Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia. Jabatan di AISI ia emban selama 10 tahun.

Pengetahuannya yang luas soal kendaraan bermotor, membuatnya ditunjuk sebagai Ketua Umum Ikatan Ahli Teknik Otomotif Indonesia. Beberapa negara tetangga juga mengakui kehebatan Gunadi, sehingga ia dipilih sebagai Sekjen ASEAN Automotive Federation.

Selamat jalan Pak Kang!