Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Sabtu, 21 September 2019 | 11:07 WIB

DP Kendaraan Akan Turun, Cukup Bayar 10 Persen

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Mohammad Yudha Prasetya
Foto :
  • Daihatsu
Dealing Area Booth Daihatsu Siap Menyambut Pelanggan yang Bertransaksi.

VIVA – Adanya kebijakan makroprudensial melalui pemangkasan uang muka atau down payment sebesar lima sampai 10 persen, diprediksi oleh Bank Indonesia akan menggairahkan penjualan kendaraan bermotor.

Kebijakan itu akan dikeluarkan, karena Departemen Kebijakan Makroprudensial BI melihat adanya penurunan kredit perbankan nasional, imbas dari melemahnya ekonomi global.

Baca Juga

Aturan itu akan mulai efektif berlaku pada 2 Desember 2019. Seperti diungkapkan oleh Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial BI, Juda Agung.

“Diharapkan, bisa meringankan masyarakat yang hendak membeli kendaraan. Sehingga, angka kredit bisa tumbuh di sektor tersebut,” ujarnya, dikutip dari VIVAnews, Sabtu 21 September 2019.

Terpopuler

Dalam aturan baru itu, uang muka kendaraan bermotor roda dua yang sebelumnya ditetapkan sebesar 20 persen, akan turun menjadi 15 persen. Untuk kendaraan bermotor roda tiga atau lebih yang dipakai pribadi, dari 25 persen jadi 15 persen.

Selain itu, kemudahan juga diberikan untuk mereka yang berkeinginan membeli kendaraan ramah lingkungan. Yakni, ada tambahan pengurangan uang muka sebesar lima persen.

Jadi, pembeli sepeda motor listrik bisa membayar dengan sistem kredit, dan cukup menyerahkan uang muka sebesar 10 persen saja. Untuk mobil, angkanya menjadi 10 persen.

“Tidak ada kriteria standar kendaraan. Artinya, pembeli kendaraan mewah maupun low cost green car (LCGC) bisa merasakan pelonggaran pembiayaan, dan juga tidak dibatasi untuk melakukan kredit bagi kendaraan pertama dan seterusnya,” tuturnya.  

Topik Terkait
Saksikan Juga
Laura Basuki, Dion Wiyoko Ungkap Fakta Heroik Susi Susanti
SHOWBIZ - 7 jam lalu